Home Sikka 27 Pasien Positif Covid Jalani Pengambilan Sampel Swab Tahap II & III, Ini Ungkapan Kadis Kesehatan

27 Pasien Positif Covid Jalani Pengambilan Sampel Swab Tahap II & III, Ini Ungkapan Kadis Kesehatan

Penulis: Wall Abulat/ Editor: Arsen Jemarut

193
1
SHARE
27 Pasien Positif Covid Jalani Pengambilan Sampel Swab Tahap II & III, Ini Ungkapan Kadis Kesehatan

Keterangan Gambar : Ilustrasi pengambilan swab di ruangan isolasi, karya Roby Watowai.

Maumere, Flores Pos — Sebanyak 27 pasien positif covid-19 Kabupaten Sikka yang sedang menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSUD Maumere sangat antusias mengikuti jalannya pengambilan sampel swab tahap II dan tahap III yang dilakukan petugas di Ruang Isolasi RSUD Maumere, Kamis (21/52020).

Pengambilan sampel swab tahap II dan tahap III wajib diikuti oleh pasien positif ini mengacu pada protokol kesehatan untuk memastikan apakah mereka masih dinyatakan positif covid-19 atau sudah negatif.

Baca juga: 10 dari 21 Kecamatan di Sikka Masuk Zona Merah Covid-19

Sikap antusiasme 27 warga positif ini diapresiasi oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sikka dan Juru  Bicara (Jubir) Covid-19 Sikka, Petrus Herlemus. “Saya bangga dengan sikap antusias yang ditunjukkan oleh 27 pasien positif ini. Saya juga sangat bangga karena mereka sangat optimis bahwa mereka akan segera sembuh. Ini luar biasa dan patut kita berikan apresiasi,” kata Petrus Herlemus.

Petrus menggarisbawahi bahwa tntuk memastikan apakah 27 pasien positif ini sudah sembuh dan dinyatakan negatif covid-19, maka Petugas Kesehatan telah mengambil spesimen swab tahap II dan tahap III yang sampelnya sudah dikirim ke Laboratorium Pemprov NTT di Kupang, pada Jumat (22/5/2020) pagi melalui KM Feri Larantuka.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sikka Kirim 65 Spesimen Swab ke Kupang Melalui Larantuka

“Petugas sudah ambil spesimen swab tahap II dan tahap III untuk 27 pasien positif ini. Sesuai protokol kesehatan maka untuk orang yang positif maka dilakukan pengambil speseimen swab sebanyak 3 kali,” katanya.

Petrus mengakui dari pantauan yang dilakukannya menunjukkan bahwa 27 pasien positif yang menjalani perawatan di Ruang Isolasi berada dalam membaik dan selalu segar. “Pasien positif yang menjalami perawatan di Ruang Isolasi RSUD Maumere membaik,” kata Petrus Herlemus.

Sementara dalam postingan di laman facebooknya, Jumat pagi, Kadis Kesehatan Kabupaten Sikka itu secara transparan menulis bahwa 27 pasien positif covid-19 yang sedang dirawat itu pasti sembuh. “Perjuangan pantang menyerah untuk jaga Nian Tanah, Jangan panik tetap tenang. Sebanyak 27 saudara kita pasti sembuh,” tulis Petrus Herlemus.*