Home Manggarai Timur 44 ODP di Shelter RSUD Borong Dipulangkan

44 ODP di Shelter RSUD Borong Dipulangkan

Penulis: Albert Harianto / Editor: Arkian Biaf

368
0
SHARE
44 ODP di Shelter RSUD Borong Dipulangkan

Keterangan Gambar : ODP yang selesai menjalani karantina di Shelter RSUD Borong

Borong, Flores Pos — Sebanyak 44 dari 64 ODP yang selama ini dikarantina di Shelter RSUD Borong dipulangkan karena sudah selesai masa pemantauan. Sedangkan 20 ODP lainnya masih menjalani karantina, 15 di antaranya menjalani karantina di shelter yang disiapkan Pemda Matim yakni di RSUD Borong, sementara 5 lainnya menjalankan karantina mandiri.

Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 Matim, Boni Hasudungan kepada Flores Pos di Borong, Kamis (24/4/2020) mengatakan, semua ODP tersebut telah menjalani rapid test pada awal karantina dan hasilnya negative. Sebelum selesai masa pemantauan, mereka menjalani rapid test lagi dan jika sehat, mereka dinyatakan selesai pemantauan. 

Boni mengungkapkan, sejak RSUD Borong digunakan sebagai tempat karantina ODP pada tanggal 9 April 2020, sudah ada 29 ODP yang menempatinya. Dari jumlah tersebut, 14 orang sudah selesai masa pemantauan dan sudah kembali ke rumah mereka masing-masing, sedangkan 15 orang lainnya masih menjalani karantina di Shelter RSUD Borong.

Ia menyampaikan, semua ODP yang dikarantina di Shelter RSUD Borong mendapat perlakuan khusus, yakni dijemput di rumah mereka masing-masing untuk karantina, dan pada saat selesai karantina, mereka juga diantar pulang ke rumah mereka masing-masing. Tetapi ada beberapa ODP yang dijemput keluarganya atas inisiatif sendiri.

Selama menjalani karantina di shelter tersebut, makanan mereka diperhatikan dengan baik, berolahraga tertatur, diberikan vitamin dan obat-obatan dan sebagainya. Semua itu disediakan secara gratis oleh Pemda Manggarai Timur.

Jemput ODP

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lenang, Amabilus Lasan yang ditemui Flores Pos di Shelter RSUD Kamis (23/4/2020) mengatakan, pihaknya menjemput ODP dari wilayah Puskemas Lenang yang menjalani 14 hari karantina di Shelter RSUD Borong dan langsung mengantar mereka semua ke rumah mereka masing-masing.*