Home Manggarai 5.000-an Peserta Tes CPNSD Manggarai Rebut 214 Formasi

5.000-an Peserta Tes CPNSD Manggarai Rebut 214 Formasi

42
0
SHARE
5.000-an Peserta Tes CPNSD Manggarai Rebut 214 Formasi

Keterangan Gambar : Ilustrasi CPNSD.

Ruteng, Flores Pos — Sebanyak 5.000-an peserta CPNSD di Kabupaten Manggarai harus berjuang keras untuk merebut 214 formasi CPNSD 2019 yang dilaksanakan tahun 2020 ini. Para peserta harus menyiapkan diri agar bisa lolos menjadi CPNSD.

Data yang dihimpun wartawan di BKD Manggarai, Senin (3/2/2020), menyebutkan bahwa peserta tes yang telah mengantongi kartu tes sebanyak 5.775. Perinciannya, tenaga pendidikan 2.929 orang, tenaga kesehatan 1.779 orang, dan tenaga teknis lain 1.062 orang.

Para peserta tes CPNSD memperebutkan 214 formasi, antara lain tenaga kesehatan 144 orang, tenaga pendidikan 38 orang, dan tenaga teknis lain 28 orang.

Pelamar dan Formasi Tidak Seimbang

Kepala BKD Kabupaten Manggarai, Remigius Harum, melalui Sekretaris Yakobus Jehamat, mengatakan, dari data yang ada memang amat tidak berimbang antara pelamar dengan formasi. Pelamar harus menyiapkan diri sebaik mungkin agar bisa bisa lolos.

Menurutnya, peserta tes harus berjuang keras agar mendapat nilai untuk tiga kategori materi seperti tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteligensi umum (TIU), dan tes kompetensi pribadi (TKP).

"Formasi terbatas, sementara yang berminat sangat tinggi. Harus berjuang keras untuk lolos. Peserta mesti siap diri maksimal," katanya.

Baca juga: ASN dan Pegawai Bukan Tukang Pungut Sampah, Kata Bupati Deno

Dikatakannya juga bahwa para peserta tes CPNSD tentu sudah tahu keadaan tersebut. Karena itu, sudah pasti para peserta telah menyiapkan diri secara baik selama ini untuk menyongsong pelaksanaan tes pekan depan.

“Prinsipnya harus siapkan secara baik agar bisa kerjakan materi tes,” lanjutnya.

Panitia Siap

Menurutnya, saat ini panitia seleksi sedang melakukan persiapan ruang tes yang lengkap dengan perangkat yang canggih. Ruang tes yang sudah dilengkapi perangkat canggih disiapkan di BKD dan gedung olahraga mini milik Pemkab Manggarai seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat ini panitia sedang fokus persiapan akhir.

Sebelumnya, operator tes CPNSD Manggarai, Fransisco Soge, mengatakan, ada tiga ruang computer assistead test (CAT) yang panitia siapkan. Kekuatan dalam sehari sebanyak 100 orang, diadakan per sesi tes. Karena itu, peserta tes mesti melihat jadwal sesi, jam, ruang berapa, dan tanggal pelaksaan tes.

Menurut Soge, panitia juga telah mengeluarkan pengumuman tes kepada publik agar diketahui dalam beberapa waktu terakhir ini.

"Untuk persiapan tidak ada masalah. Namun kita terus evaluasi agar tidak ada kendala. Saat pelaksanaan juga publik bisa tahu hasilnya lewat layar monitor yang disiapkan panitia," katanya.

Penulis: Christo Lawudin
Editor: Avent Saur