Home Manggarai 61 Orang Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 di Manggarai

61 Orang Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 di Manggarai

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Elton Wada

432
0
SHARE
61 Orang Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 di Manggarai

Keterangan Gambar : Jubir Satgas Penanganan Corona Manggarai, Lody Moa


Ruteng, Flores Pos — Tim Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai tidak berhenti bekerja untuk melakukan tindakan yang perlu guna mengawasi para pelaku perjalanan baik yang reaktif rapid test maupun positif berdasarkan hasil swab di Kupang. Dari hasil yang ada, sudah 61 orang diketahui berkontak erat dengan pasien positif covid-19.

Sesuai hasil rilis dari Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai terkini, Senin (14/9/2020), total hasil penelusuran (tracing) pada orang-orang sekitar, ditemukan bahwa banyak orang yang sudah melakukan kontak erat dengan pasien positif covid-19.

Pekan lalu, ditemukan 48 orang dan pekan ini jumlahnya naik menjadi 61 orang. Jumlah tersebut tentu akan bertambah bila tim lakukan penelusuran lebih lanjut.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai, Lody Moa, mengatakan, penelusuran itu dilakukan setelah 10 orang dinyatakan positif covid-19 baik yang berasal dari Cireng, Kecamatan Ruteng maupun Perak, Kecamatan Cibal.

"Yang berkontak erat itu telah ditangani sesuai protokol kesehatan. Pemeriksaan mereka mulai dari rapid test maupun swab. Yang swab dilakukan setelah hasil rapid test reaktif," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa saat ini terdapat 10 orang positif covid-19 berdasarkan hasil swab di Kupang. Warga positif covid-19 itu kini sedang berada dalam perawatan. Selain 10 orang itu, terdapat 4 orang lain lagi yang dinyatakan sembuh dan 1 yang meninggal dunia.

Baca juga: Swab Terkini: 10 Warga Manggarai Positif Covid-19

Menurutnya, bertambahnya warga positif covid-19 terjadi seiring dengan terus bertambahnya para pelaku perjalanan. Jumlah para pelaku perjalanan hingga Minggu (13/9/2020) mencapai 5.539 orang. Para pelaku perjalanan ini berasal dari pelbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri.

Para pelaku perjalanan ini, katanya, telah menjalani pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. Sesuai hasil pemeriksaan itu 8 orang dinyatakan positif rapid test. Saat ini mereka menjalani isolasi. Warga yang masuk status suspek, lanjutnya, untuk sementara tidak ada.

Bupati Deno Kamelus sendiri mengatakan bahwa Pemkab melalui Satgas tetap bekerja melakukan pengawasan untuk memastikan keadaan agar Manggarai dapat terbebas dari covid-19. Karena itu, para pelaku perjalanan diawasi dan diperiksa sesuai aturan protokol kesehatan. Warga yang positif dan yang berkontak erat akan ditelusuri agar bisa ditangani secara baik.

"Semua proses yang diatur protokol kesehatan diterapkan. Saya minta siapapun harus pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan tidak perlu kumpul-kumpul untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Corona," katanya.*