Home Manggarai Barat 8 Sampel Swab asal Mabar Dinyatakan Negatif Covid-19

8 Sampel Swab asal Mabar Dinyatakan Negatif Covid-19

Penulis: Andre Durung / Editor: Arsen Jemarut

161
0
SHARE
8 Sampel Swab asal Mabar Dinyatakan Negatif Covid-19

Keterangan Gambar : Tim Satuan Tugas Penanganan Virus Corona Manggarai Barat memberikan keterangan pers kepada awak media di Labuan Bajo, Senin (18/5/2020).


Labuan Bajo, Flores Pos — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Manggarai Barat (Mabar), Paulus Mami, mengatakan, Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai Barat telah mengirimkan 53 sampel swab warga asal Kabupaten Mabar ke Kupang.

"Dari 53 sampel swab warga asal Kabupaten Mabar, beberapa di antaranya sudah diperiksa. Hasilnya, 8 di antaranya negatif covid-19, sedangkan yang positif covid-19 ada 12 orang," katanya.

Baca juga: Diduga, Ada Pengecer Pupuk Nakal di Manggarai Barat

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Manggarai Barat (Mabar), Paulus Mami, menyampaikan hal itu kepada Flores Pos di Labuan Bajo, Senin (18/5/2020).

Menurut Mami, 53 sampel swab itu merupakan hasil rapid test di Mabar sebelumnya dan dikirim dalam 2 gelombang pengiriman ke Kupang. Pengiriman pertama 26 sampel dan pengiriman kedua sebanyak 27 sampel.

Rapid test dilakukan terhadap sejumlah warga yang berstatus orang tanpa gejala (OTG). "Hasilnya itu tadi. Tetapi yang lain belum tahu, hasil pemeriksaan sampel swab masih di Kupang dan belum kirimi kepada kita," katanya.

Baca juga: Petani Mesti Tetap Menanam di Tengah Pandemi Corona

Lebih jauh diungkapkan, 53 OTG tersebut berasal dari klaster Gowa sebanyak 23 orang, 3 dari klaster Yogyakarta, dan 115 orang klaster Magetan.

Klaster Gowa dan Yogyakarta sudah menjalani rapid test, termasuk orang-orang dekat yang pernak kontak fisik dengan mereka. Sedangkan dari klaster Magetan sebagian telah jalani rapid test dan yang lainnya belum. 

"Kita lagi laksanakan rapid test untuk mereka yang belum dari klaster Magetan. Karena itu, pemerintah belum lakukan rapid test msasal untuk warga di daerah ini. Rapid test masih selektif untuk mereka-mereka itu," kata Mami.

Baca jugaCegah Penyebaran Corona, Pasar Lembor Ditutup Selama Tujuh Hari

Sebagian dari 8 warga yang negatif covid-19 tersebut, lanjut Mami, sudah dipulangkan ke keluarganya. Lainnya masih dalam proses.

Sedangkan yang belum diketahui hasil swabnya tetap menghuni tempat karantina yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Mabar di Labuan Bajo, termasuk 12 orang yang positif covid-19.

"Alat rapid test di Mabar masih cukup, lagi 800 lebih," tambahnya.*