Home Lembata Aktivitas di Pasar Hadakewa Berangsur Normal

Aktivitas di Pasar Hadakewa Berangsur Normal

Penulis: Maxi Gantung / Editor: Arkian Biaf

703
0
SHARE
Aktivitas di Pasar Hadakewa Berangsur Normal

Keterangan Gambar : Aktivitas di Pasar Hadakewa

Lewoleba, Flores Pos — Selama kurang lebih satu bulan terakhir, aktivitas di seluruh pasar di Lembata sangat sepi tak terkecuali di Pasar Hadakewa akibat pandemic corona. Namun, sejak Sabtu (9/5/2020), aktivitas di Pasar Hadakewa berangsur normal.

Susana Perada Lamak, pedagang dari Desa Nubaboli, Kecamatan Atadei, kepada Flores Pos mengatakan, sejak wabah virus corona mulai merebak, dirinya tidak lagi berjualan sayur-sayuran dan aneka buah-buahan di Pasar Hadakewa karena takut tertular virus corona. Hasil pertanian yang ia panen, hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di rumah.

Menurutnya, sebelum wabah virus corona melanda dunia, penghasilannya dari berjualan sayur dan buah-buahan mencapai Rp500-Rp600 ribu per hari. Namun, sejak adanya virus corona, ia tidak bisa berjualan di pasar sehingga ia mengalami kesulitan ekonomi. Ia merasa bersyukur karena, Pasar Hadakewa sudah kembali dibuka sehingga ia bisa kembali berjualan di sana.

Ia menyampaikan bahwa meskipun aktivitas di pasar tersebut sudah berangsur normal, namun mereka tetap mengikuti imbauan pemerintah yakni menjaga jarak, menggunakan masker dan membawa air serta sabun dari rumah untuk mencuci tangan. 

Sementara itu, Camat Lebatukan, Piter Ruing mengatakan, selama ini masyarakat takut ke pasar sehingga kondisi di pasar sangat sepi. Namun, saat ini aktivitas di Pasar Hadakewa mulai kembali normal sehingga tampak mulai ramai.

Bagi Masker

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kecamatan Lebatukan juga membagikan masker untuk para pedagang dan pengunjung di Pasar Hadakewa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lembata, Markus Labi Waleng memantau aktivitas di Pasar Hadakewa sambil memberikan sosialisasi terkait pencegahan corona kepada para pedagang dan pengunjung di pasar tersebut menggunakan pengeras suara.*