Home Manggarai Bertambah, Warga Positif Covid-19 di Manggarai

Bertambah, Warga Positif Covid-19 di Manggarai

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Avent Saur

281
0
SHARE
Bertambah, Warga Positif Covid-19 di Manggarai

Keterangan Gambar : Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lody Moa.


Ruteng, Flores Pos — Dua pekan lalu, warga Kabupaten Manggarai yang dinyatakan positif covid-19 berjumlah 10 orang. Pekan ini sudah bertambah 6 orang, menjadi 16 orang.

Kepada wartawan di Ruteng, Jumat (18/9/2020), Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lody Moa, mengatakan, penanganan covid-19 tidak pernah kendur.

Baca juga: Polisi Tangkap Warga Terduga Pencuri Rp10 Juta dan Handphone di Kota Ruteng

Pihaknya terus melakukan pengawasan dan penanganan terhadap para pelaku perjalanan dan orang berinteraksi dengan orang reaktif rapid test, juga orang yang berinteraksi dengan pasien positif covid-19.

"Kasus positif bertambah. Beberapa pekan lalu, hanya 10 orang, pekan ini tambah 6 orang sehingga menjadi 16 orang. Kita semua mesti lebih mawas diri lagi dan harus ikuti protokol kesehatan," katanya.

21 Kasus Positif

Dikatakannya juga bahwa untuk kasus positif totalnya sudah mencapai 21 orang. Perinciannya, 16 orang positif sedang dalam perawatan intensif sesuai dengan standar kesehatan, sementara pasien yang sembuh 4 orang, dan meninggal dunia 1 orang.

Hasil penelusuran terhadap warga yang reaktif rapid test dan positif swab, ada banyak orang yang berkontak erat, yakni dua pekan lalu sebanyak 61 orang dan saat ini bertambah menjadi 71 orang.

“Orang-orang itu ditangani sesuai dengan protokol kesehatan. Mereka lakukan karantina mandiri dan karantina terpusat,” katanya.

Baca juga: Diduga Lelah Menjaga Air di Sawah, Warga Hilihitintir Tewas di Jalan

Menurut Lody Moa, yang telah dinyatakan selesai menjalani masa karantina sebanyak 61 orang. Walaupun dinyatakan selesai, mereka tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Hingga kini pelaku perjalanan yang reaktif berdasarkan pemeriksaan rapid test sebanyak 15 orang dan total pelaku perjalanan mencapai 5.546 orang.

Ikuti Protokol Kesehatan

Sebelumnya, Bupati Manggarai, Deno Kamelus, mengatakan bahwa pemerintah sudah pasti melakukan pelbagai upaya mengawasi dan menangani covid-19. Pemeriksaan dan pengawasan para pelaku perjalanan tetap dilakukan seperti biasa.

Yang dinyatakan positif, lanjutnya, harus ditangani sesuai standar kesehatan yang telah ditetapkan. Sementara orang-orang yang berkontak erat dengan pasien positif dan yang reaktif atas hasil rapid test harus terus dilacak.

"Imbauan pemerintah jelas, semua harus patuhi protokol kesehatan. Pasien positif ditangani sesuai dengan standar yang ada," katanya.*