Home Nagekeo Bupati Don: Penjabat Kades Harus Jaga Netralitas dalam Pilkades

Bupati Don: Penjabat Kades Harus Jaga Netralitas dalam Pilkades

Penulis: Risa Roga / Editor: Avent Saur

255
0
SHARE
Bupati Don: Penjabat Kades Harus Jaga Netralitas dalam Pilkades

Mbay, Flores Pos — Para penjabat kepala desa dalam menjalankan tugasnya harus menjaga netralitas. Tugas khusus para penjabat kepala desa adalah mempersiapkan kelancaran dan kesuksesan pemilihan kepala desa periode berikut.

“Sehubungan dengan hal tersebut, para penjabat harus menjaga netralitas."

Hal itu dikemukakan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do saat melantik tujuh penjabat kepala desa di wilayah Kecamatan Mauponggo pada Kamis (2/7/2020).

Pelantikan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Mauponggo tersebut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Nagekeo, Mardelinus Siku, Patrisius Bhoko, Bruno Sawi, dan Adrianus Watu.

Hadir juga Camat Mauponggo Leonardus Loda, Kapolsek Mauponggo, Danramil Mauponggo, Ketua TP-PKK Kabupaten Nagekeo dr. Yayik Prawita Gati, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan lainnya.

Bupati Don mengatakan, adalah lumrah bahwa proses politik menempuh semua cara, termasuk cara-cara yang kurang baik.

“Jangan terpengaruh dengan amplop atau janji untuk melakukan cara-cara kurang baik. Para penjabat harus kuat menjaga netralitas.”

“Layanan kita pada hak hakiki warga desa untuk memilih pemimpinnya harus kita jamin agar prosesnya benar-benar langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luberjurdil),” tegas Bupati Don.

Tujuh penjabat kepala desa tersebut, lanjutnya, adalah pemimpin yang ditunjuk, bukan dipilih. Karena itu, jika yang menunjuk tidak percaya lagi padanya, maka kapan saja pasti akan diganti.

“Beda dengan pemimpin yang dipilih. Tugas-tugas harus diperhatikan dengan cermat," tuturnya.

Siap Jalankan Tugas

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Wuliwalo, Aditya Pratama Sutrisno, mengatakan bahwa dirinya siap menjalankan tugas sebagai penjabat kepala desa.

"Saya adalah ASN, saya siap ditempatkan di mana saja dengan tugas apa pun,” katanya.

Saat ini, dirinya bertugas sebagai staf di Kelurahan Rega, Kecamatan Boawae. “Tugas tambahan saya adalah Penjabat Kepala Desa Wuliwalo,” tuturnya.

Menurutnya, tidak ada kendala terkait tugas-tugas tersebut. Keduanya akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Terkait penegasan Bupati Don agar para penjabat kepala desa bersikap netral dalam pemilihan kepala desa definitif, Aditya mengatakan bahwa dirinya siap menjalankan hal tersebut.

"Saya siap menjalankan tugas dan saya pastikan akan bersikap netral dan tidak memihak," pungkasnya.*