Home Sikka Bupati Robi Idong Menggratiskan Biaya Perawatan Kesehatan Keluarga Miskin di Sikka

Bupati Robi Idong Menggratiskan Biaya Perawatan Kesehatan Keluarga Miskin di Sikka

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

152
0
SHARE
Bupati Robi Idong Menggratiskan Biaya Perawatan Kesehatan Keluarga Miskin di Sikka

Keterangan Gambar : Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo (tengah) didampingi Wakil Bupati Romanus Woga (kanan) menyampaikan kebijakannya untuk membebaskan biaya perawatan bagi keluarga miskin yang hendak berobat di fasilitas kesehatan yang ada di Sikka dalam Rapat Koordinasi bersama pimpinan OPD Kabupaten Sikka di Ruang Kerja Bupati Sikka, di Jalan El Tari Maumere, Senin (14/9/2020).


Maumere, Flores Pos — Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau yang akrab disapa Bupati Robi Idong meminta Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Sikka Petrus Herlemus, Direktur TC Hillers Maumere, dan para kepala puskesmas yang ada di Kabupaten Sikkka untuk menggratiskan biaya perawatan kesehatan bagi keluarga miskin yang berobat di fasilitas kesehatan yang ada di Sikka.

“Saya minta Kadiskes, Direktur RSUD Maumere, dan para kepala puskesmas untuk menggratiskan biaya perawatan warga miskin,” kata Bupati Robi Idong dalam arahannya saat Rapat Koordinasi bersama pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Sikka di Ruang Kerja Bupati Sikka, di Jalan El Tari Maumere, Senin (14/9/2020).

Hadir dalam rapat ini, Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Penjabat Sekda Kabupaten Sikka Wilhelmus Sirilus, para asisten Setda dan pimpinan OPD, termasuk Kadis Kesehatan Petrus Herlemus, S.Si,. MH.Apt dan Direktur RSUD Maumere dr. Mercy Parera.

Bupati Robi Idong pada kesempatan ini berkali-kali mengingatkan para kepala puskesmas agar warga miskin yang mengantongi Kartu Sikka Sehat (KSS) dan warga miskin lainnya yang belum memiliki kartu diprioritaskan pelayanannya.

“Fokus Pemkab Sikka pada orang miskin. Kalau mereka sudah memiliki Kartu Sikka Sehat maka mereka itu harus digratiskan biaya perawatannya,” kata Bupati.

Baca juga: Wujudkan Ketahanan Pangan di Sikka, Bupati Robi Idong Upayakan Tanam Tiga Kali Setahun

Kenyataannya, lanjut Bupati, ada perlakuan diskriminasi terhadap warga yang mengatongi KSS lebih dipersulit dari warga yang mengantongi Kartu BPJS Kesehatan.

“Kenyatannya, ada warga yang mengantongi KSS tetapi tidak diterima. Padahal yang mengantongi KSS ini hanya 5%. Saya perlu tegaskan bahwa yang tidak terima Kartu Sikka Sehat itu adalah penghinaan,” tegas Bupati.

Beri Sanksi

Bupati Robi Idong pada kesempatan ini juga berjanji akan memberi sanksi tegas kepada pihak RS dan puskesmas yang tidak melayani warga miskin yang mengantongi KSS.

“Yang tidak terima Kartu Sikka Sehat itu adalah penghinaan. Kita akan beri sanksi tegas kalau ada petugas kesehatan yang tidak melayani warga miskin yang hanya mengatongi KSS,” tegasnya.