Home Sikka Cegah Covid-19, Bupati Robi Idong Perketat Penjagaan Gerbang Masuk Sikka

Cegah Covid-19, Bupati Robi Idong Perketat Penjagaan Gerbang Masuk Sikka

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

370
0
SHARE
Cegah Covid-19, Bupati Robi Idong Perketat Penjagaan Gerbang Masuk Sikka

Keterangan Gambar : Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si (tengah) didampingi Forkopimda Sikka memimpin Evaluasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, yang berlangsung di Posko Satgas Covid 19, BPBD Kabupaten Sikka, Jumat (18/9/2020).


Maumere, Flores Pos — Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si atau yang akrab disapa Bupati Robi Idong meminta Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sikka untuk memperketat penjagaan gerbang masuk Kabupaten Sikka, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara dalam upaya mencegah kasus covid-19 agar Sikka tetap berada pada zona hijau.

“Saya minta agar Satgas Covid-19 Sikka untuk memperketat penjagaan di gerbang masuk Sikka,” kata Bupati Robi Idong dalam Rapat Evaluasi Pencegahan dan Penanganan Kabupaten Sikka, yang berlangsung di Posko Satgas Covid-19, BPBD Kabupaten Sikka, Jumat (18/9/2020).

Bupati Robi Idong menggarisbawahi upaya memperketat gerbang masuk baik darat, laut maupun udara penting dilakukan mengingat adanya fakta bahwa kasus positif covid-19 semakin mengganas di NTT, termasuk di daerah-daerah tetangga Kabupaten Sikka yang belakangan ini terjadi peningkatan cukup signifikan kasus positif covid-19.

“Langkah pengetatan di pintu gerbang masuk mesti dilakukan dan diperketat,” tegas Bupati Robi Idong.

Bupati Robi Idong pada kesempatan ini juga mengapresiasi elemen warga Kabupaten Sikka, di antaranya jajaran TNI, Polri, Tagana, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Pol PP dan Damkar, jajaran instansi vertikal dan OPD serta elemen warga lainnya yang terlibat aktif dalam upaya memulihkan Kabupaten Sikka menjadi zona normal/hijau covid-19 dan dalam upaya menciptakan Kabupaten Sikka bebas dari transmisi lokal covid-19.

Baca juga: Tim Gabungan Edukasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di 5 Lokasi Hiburan di Kota Maumere

“Saya menyampaikan apresiasi kepada semua elemen warga yang berperan aktif dalam upaya mewujudkan Kabupaten Sikka kembali ke zona normal covid-19 dan belum terjadi transmisi lokal,” kata Bupati Robi Idong.

Terapkan Protokol Kesehatan

Sementara Wakil Bupati Sikka Romanus Woga pada kesempatan ini juga mengimbau elemen warga Sikka untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, rajin mencuci tangan, dan rajin menjaga jarak.

“Saya mengimbau agar elemen warga Sikka terus meneruskan protokol kesehatan,” pinta Wabup Romanus Woga.

Wabup Romanus juga menegaskan agar semua pelaku perjalanan yang masuk Sikka wajib menjalankan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

"Semua pelaku perjalanan harus dipantau ketat dan tetap diwajibkan melakukan karantina mandiri dan itu sangat penting, " kata Wabup.

Hadir dalam rapat ini antara lain Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Forkopimda Kabupaten Sikka, Jubir Satgas Covid-19 Sikka Petrus Herlemus, Sekretaris Covid-19 Muhammad Daeng Bakir, Pimpinan OPD dan undangan lainnya.