Home Nagekeo Cegah Stunting dengan Terlebih Dahulu Atasi Masalah Kelangkaan Air Bersih

Cegah Stunting dengan Terlebih Dahulu Atasi Masalah Kelangkaan Air Bersih

- Komitmen Camat Aesesa Selatan

81
0
SHARE
Cegah Stunting dengan Terlebih Dahulu Atasi Masalah Kelangkaan Air Bersih

Keterangan Gambar : Serah terima jabatan Camat Aesesa Selatan di Jawakisa, Kamis, 30 Januari 2020.

 

"Selama ini, mayoritas masyarakat Kecamatan Aesesa Selatan terpaksa minum air embung yang tidak higienis. Semoga kami dapat menemukan solusi untuk memperoleh air bersih," - Maria A.A. Sekke Wea, Camat Aesesa Selatan.


Mbay, Flores Pos - Camat Aesesa Selatan, Maria Anjelina Adriana Sekke Wea, berkomitmen memberantas stunting di Kecamatan Aesesa Selatan.

Maria menyampaikan ini sesaat setelah acara Serah Terima Jabatan Camat Aesesa Selatan di aula Kantor Camat Aesesa Selatan, Kamis, 30 Januari 2020.

Menurut Maria, pencegahan stunting mengandaikan ketersediaan air bersih, selain pemenuhan gizi ibu hamil dan bayi.

"Saya akan membangun koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan ketersediaan air bersih. Selama ini, mayoritas masyarakat Kecamatan Aesesa Selatan terpaksa minum air embung yang tidak higienis. Semoga kami dapat menemukan solusi untuk memperoleh air bersih," katanya.

Maria menjelaskan bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan beberapa NGO yang telah menyatakan kesiapan untuk membantu mengatasi masalah ketersediaan air bersih di Kecamatan Aesesa Selatan.

"Langkah awal yang sudah saya tempuh adalah mengidentifikasi beberapa sumber air di Kecamatan Aesesa Selatan. Selanjutnya, bersama tim teknis dari NGO, kami akan meninjau langsung sumber-sumber mata air yang ada untuk melihat langsung keadaan, debit air, elevasi, dan lain-lain," katanya.

Setelah itu, lanjut Maria, barulah menentukan cara yang tepat untuk memperoleh air bersih.

"Melihat letak mata air yang pada umumnya berada jauh di lembah atau di tempat yang curam, beberapa NGO telah mengusulkan untuk menggunakan pompa air tenaga surya.Tetapi, ini tentu akan diputuskan berdasarkan keadaan di lapangan," jelasnya.

Maria menyatakan dirinya siap menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Camat Aesesa Selatan.

"Tugas ini adalah kepercayaan yang harus saya jalankan dengan baik. Dengan dukungan dari semua pihak, saya yakin dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Aesesa Selatan ini, dan dapat membawa perubahan baik bagi masyarakat," katanya.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, mengharapkan agar Camat Aesesa Selatan lebih banyak ada bersama masyarakat.

"Dengan tinggal dan tidur di tempat ini, Camat Aesesa dapat merasakan denyut persoalan yang dialami setiap masyarakatnya," katanya.

Selain itu, Bupati Don meminta Camat Aesesa Selatan untuk mengidentifikasi dan memetakan persoalan-persoalan masyarakat melalui tahapan musrenbang.

"Saya berharap Camat Aesesa Selatan menjalankan semua tahapan musrenbang, mulai dari musrenbang desa hingga pra musrenbang kecamatan dan musrenbangcam. Dengan melewati tahapan-tahapan tersebut, kita dapat mengidentifikasi semua kebutuhan penting masyarakat," katanya.

Bupati Don mengingatkan agar perencanaan dilakukan dengan baik, agar kebutuhan prioritas masyarakat yang diperoleh melalui musrenbang desa dan reses Anggota DPRD dapat terekam dalam musrenbang tingkat kecamatan.

"Program yang tidak terkam dalam musrenbang desa, musrenbangcam, musrenbangkab dan RKPD akan sangat riskan bila dimasukkan dalam APBD. Bila itu terjadi, kita akan berhadapan dengan aparat penegak hukum," tegasnya.

Hal yang sama disampaikan Pimpinan DPRD Kabupaten Nagekeo, Kristianus Dua Wea. Kris menyatakan bahwa perencanaan pembangunan yang baik dan terukur akan mendukung keberhasilan pembangunan itu sendiri. "Lembaga DPRD siap mendukung semua program dan kegiatan, selama semua itu berguna bagi masyarakat," katanya.

Hadir dalam acara Serah Terima Jabatan Camat Aesesa Selatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Nagekeo, Yos Denga, Kapolres Nagekeo Agustinus Hendrik Fai, Ketua TP-PKK Kabupaten Nagekeo Yayik Pawitra Gati, Asisten I Setda Nagekeo Imanuel Ndun, Sekretaris DPRD Nagekeo, Syukur Abdula Mane, Mantan Camat  Aesesa Selatan Ujang Dekresano, para kepala desa se-Kecamatan Aesesa Selatan, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Oleh Risa Roga
Editor: Amandus Klau