Home Ngada Dalam Rangka Pilkada Ngada: KPU Membuat Simulasi Pendaftaran Calon

Dalam Rangka Pilkada Ngada: KPU Membuat Simulasi Pendaftaran Calon

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Elton Wada

318
0
SHARE
Dalam Rangka Pilkada Ngada: KPU Membuat Simulasi Pendaftaran Calon

Keterangan Gambar : Suasana simulasi pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Ngada


Bajawa, Flores Pos — Dalam rangka melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ngada yakni proses pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada yang akan ikut bertarung di Pilkada Ngada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Ngada menggelar simulasi proses pendaftaran, Rabu (2/9/2020) di Kantor KPU Kabupaten Ngada.

Ketua KPU Kabupaten Ngada Stanislaus Neke kepada Flores Pos di sela-sela kegiatan simulasi tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memperlancar proses pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada yang akan dilaksanakan pada 4 sampai 6 September 2020.

Menurutnya, pelaksanaan pendaftaran dan tahapan Pilkada kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena prosesnya masih dalam situasi pandemi covid-19 sehingga protokol kesehatan menjadi hal mendasar untuk diterapkan.

Baca juga: Patris Wolo: Menuju Pilkada 2020, PDIP Harus Menang

"Kita tidak mau kecolongan dan jangan sampai ada cluster Pilkada Ngada dalam kaitan dengan Corono. KPU tetap menerapkan protokol Kesehatan apapun alasannya," katanya.

Ia pun mengatakan bahwa tahapan pendaftaran akan diawali dengan pendaftaran pasangan calon, masing-masing bersama istri, Pimpinan Parpol yakni Ketua dan Sekretaris Parpol Kabupaten, dua orang tim penghubung, dua orang tim kampanye dan cadangan tiga orang sehingga maksimal 15 orang.

Mereka lalu dipersilahkan menuju lantai 2 Kabupaten Ngada untuk melakukan pendaftaran. Sedangkan hanya diperkenankan satu lagi pendukung yang berada di kompleks kantor KPU. Semua yang memasuki Kompleks wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya.

Waktu yang diberikan oleh setiap pasangan calon adalah 2 jam. Rombongan diatur melewati depan rumah jabatan Kapolres Ngada menuju kantor KPU selanjutnya diarahkan melewati samping kantor KPU untuk kembali.

Baca juga: Pilkada Ngada 2020: Paket Firman Lolos Verifikasi Faktual, Paket DOA Alami Nasib Ini

Kegiatan untuk setiap pasangan calon diawali dengan sapaan Ketua KPU Kabupaten Ngada, sapaan Bakal Pasangan Calon sebelum Penyerahan Dokumen Pencalonan, penyerahan dokumen pencalonan oleh Pimpinan Parpol Pengusung dan bakal Pasangan Calon kepada Ketua KPU Ngada, penyerahan Dokumen Pencalonan oleh Ketua KPU Ngada kepada Ketua Divisi Teknis, dilanjutkan penelitian dokumen oleh Tim Teknis KPU Ngada didampingi oleh Operator Bapaslon dan Perwakilan Bawaslu Ngada.

Penginputan oleh Operator KPU Ngada di SILON dilanjutkan Konferensi Pers dengan Media yang hadir, penyerahan Tanda Terima Kepada Bakal Pasangan Calon dan terakhir kata penutup Ketua KPU Ngada.

Untuk kegiatan pendaftaran KPU juga bekerjasama dengan Polres Ngada, gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Ngada dalam hal ini Dinas Kesehatan serta instansi terkait seperti Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Ngada.

Sementara itu Juru bicara KPU Kabupaten Ngada Aloysius Raubata pada kesempatan yang sama menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ngada terjadi pada 4 September dengan masing-masing 4 paket yakni: pukul 09.00 hingga pukul 11.00 bagi paket (Firman ) yaitu Wilfridus Muga dan Herman Say; pukul 11.00 sampai 13.00 untuk paket Paulus Soliwoa dan Gregorius Upi Dheo (PAS-GUD); pukul 13.00 sampai 15.00 untuk Paket Credo (Kristoforus Loko dan Emanuel Dopo); dan pukul 15.00 sampai pukul 17.00 untuk paket Helmut Waso dan Yohanes Tay Ruba (Hebat).

Baca juga: Paket Firman Lolos Verifikasi Faktual, Ini Sebaran Pendukungnya

Untuk pendaftaran pada hari kedua, tidak ada yang mendaftar. Namun pada hari ketiga yakni 6 September 2020, Paket Andreas Paru dan Raimundus Bena (AP-RB) akan mendaftar.

Pasangan calon Bupati dan Wakil bupati Ngada tersebut selanjutnya pada 7 September akan berangkat ke Kupang untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan yang diawali dengan pengambilan sweep pada 7 September selanjutnya pada 8 September dan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah W.Z.Yohanes Kupang, pemeriksaan Narkoba oleh BNN juga tes psikologi yang akan ditentukan tempatnya kemudian.

Pembiayaan pemeriksaan kesehatan dibiayai oleh KPUD. Sedangkan untuk swab dibiaya sendiri oleh para calon.