Home Lembata Guru di Lembata Siksa Murid SMP Lolon Dolor Minum Air Comberan

Guru di Lembata Siksa Murid SMP Lolon Dolor Minum Air Comberan

104
0
SHARE
Guru di Lembata Siksa Murid SMP Lolon Dolor Minum Air Comberan

Keterangan Gambar : Ilustrasi minum air comberan.

Lewoleba, Flores Pos — Sejumlah murid SMP Lolon Dolor di Desa Leuwayan, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, diberi hukuman oleh gurunya dengan meminum air comberan (air kotor selokan). Tidak terima perlakuan guru tersebut, para orang tua murid melaporkan kasus tersebut ke Kepolisian Sektor Balauring.

Anggota Komisi Perlindungan Anak dan Perempuan Desa Leuwayan, Eman Ledo, melalui telepon menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada 28 Januari 2020.

Baca juga: Cabuli Tiga Siswinya, Mantan Kepala SMPN 1 Ende Divonis 13 Tahun Penjara

Awalnya, kata Ledo, para murid takut memberitahukan kejadian itu kepada orang tua. Kasus terbongkar ketika para murid mengikuti belajar pada malam hari dan menceriterakan kembali peristiwa pada 28 Januari tersebut. Cerita itu pun sampai pada telinga orang tua dari seorang murid.

Orang tua murid tidak menerima perlakuan guru tersebut. Karena itu, orang tua mengadukan hal tersebut kepada komite sekolah. Pihak komite sekolah meminta para orang tua agar membuat laporan resmi.

“Komisi Perlindungan Anak dan Perempuan dampingi para orang tua murid untuk melaporkan kasus tersebut ke Kepolisian Sektor Balauring,” katanya.

Polisi Sedang Tangani

Kasat Reskrim Polres Lembata, Iptu Komang Sukamara, mengatakan bahwa kasus tersebut sedang ditangani Polsek Balauring. Polsek melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan telah mengamankan barang bukti.

Sementara itu, para murid yang diduga disiksa dengan hukuman meminum air kotor atau comberan dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa. Jika pemeriksaan terhadap para saksi sudah selesai, kasus ini diambil alih oleh Polres Lembata untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Penulis: Maxi Gantung
Editor: Avent Saur