Home Ende Harapan Pangdam Udayana: Masyarakat Menjaga Karya TMMD 108

Harapan Pangdam Udayana: Masyarakat Menjaga Karya TMMD 108

Penulis: Willy Aran / Editor: Elton Wada

124
0
SHARE
Harapan Pangdam Udayana: Masyarakat Menjaga Karya TMMD 108

Keterangan Gambar : Dandim 1602 Ende menandatangani berita acara penutupan TMMD ke -108 tahun 2020 saat acara penutupan di Makodim Ende, Rabu (29/7/2020).


Ende, Flores Pos — Panglima Kodam IX /Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara mengharapkan masyarakat untuk ikut merasa memiliki dan peduli terhadap hasil-hasil karya yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD ke-108 tahun 2020. Karya-karya dari TMMD ini baik berupa jalan maupun karya bakti lainnya.

Karya-karya ini mesti dijaga sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama. Hal itu disampaikan oleh pangdam Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara dalam sambutan tertulisnya menutup program TMMD ke-108 tahun 2020 di Wilayah Kodam IX/Udayana.

Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di kabupaten Ende tersebut dilaksanakan di Makodim Ende, Rabu (29/7/2020). TMMD 108 tahun 2020 kabupaten Ende ditutup secara resmi oleh Kasrem 161/ Wirasakti, Kolonel Inf Jemz Ratu Edo. Hadir dalam penutupan TMMD tersebut antara lain Bupati Ende, Djafar Achmad, pemimpin Forkopimda Kabupaten Ende, OPD terkait dan pemimpin BUMN/ BUMD.

Baca juga: Gandeng Dinas Pertanian dan Peternakan, Satgas TMMD Vaksin Ternak Warga

Pangdam Udayana dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kolonel Inf Jemz Ratu Edo mengatakan bahwa dalam program TMMD di kabupaten Ende, sasaran dan volume cukup berat sementara sarana dan prasarana serta waktu yang dibutuhkan sangat terbatas. Namun dengan semangat kekompakan dan disiplin serta rasa tanggung jawab dan kerja sama dari semua pihak baik TNI, Polri, masyarakat dan instansi terkait, semua sasaran dapat diselesaikan dengan baik.

Ia pun mengatakan bahwa program tersebut dilaksanakan kurang lebih satu bulan. Melalui program TMMD semangat gotong royong  dan kebersamaan telah dihidupkan antara TNI dan masyarakat serta pemerintah. Semangat itu, katanya, mesti dipertahankan. TNI  senantiasa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberikan kontribusinya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pelihara dan rawatlah sarana dan prasarana yang telah dibangun sehingga manfaatnya dapat dinikmati jangka panjang. Marilah kita pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Kita tidak boleh terprovokasi dan terpengaruh oleh  pihak manapun yang merusak keutuhan NKRI," kata Pangdam Udayana.

Baca juga: Tim Wasev TNI Kunjungi Ende Evaluasi Program TMMD 108 di Ende

Selain itu, Pangdam Udayana juga mengucapkan terima kasih kepada walikota dan bupati atas dukungannya mengalokasikan anggaran  dari APBD dalam kegiatan TMMD meskipun kegiatan itu dijalankan di tengah pandemi covid-19. Pangdam Udayana juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam program TMMD ada tindakan atau sikap dari prajurit yang tidak berkenan di hati masyarakat.

Dandim 1602 Ende yang juga Dansatgas TMMD 108 kabupaten Ende, Letkol Inf Fuad Suparlin sebelumnya dalam paparannya kepada tim wasev TMMD mengatakan bahwa selain kegiatan fisik utama membuka isolasi desa Reka-Wolokota, Satgas TMMD juga melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik lainnya. Satgas TMMD, katanya, juga membangun sebuah perpustakaan di SDK Reka sebagai karya bakti dari TNI dalam pelaksanaan TMMD. 

"Selain fisik, Satgas TMMD juga melakukan kegiatan penyuluhan serta sosialiasi wawasan kebangsaan dan juga kegiatan sosial lainnya di masyarakat," kata Dandim Ende.