Home Ende Hasil Swab Positif, 3 Pasien Langsung Dievakuasi ke RSUD Ende

Hasil Swab Positif, 3 Pasien Langsung Dievakuasi ke RSUD Ende

Penulis: Willy Aran / Editor: Anton Harus

1,137
0
SHARE
Hasil Swab Positif, 3 Pasien Langsung Dievakuasi ke RSUD Ende

Keterangan Gambar : Tiga pasien baru yang positif covid-19 di Ende dievakuasi dari karantina terpusat di Rujab Bupati Ende ke ruang isolasi RSUD Ende, Senin (18/5/2020) sore.


Ende, Flores Pos  — Setelah dinyatakan positif covid-19 melalui pemeriksaan sampel swab di Laboratorium Biomolekuler RSUD WZ Johannes Kupang pada Senin (18/5/2020) dan diumumkan oleh Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT, tiga warga Ende langsung dievakuasi dari tempat karantina terpusat ke RSUD Ende.

Tiga orang yang terkonfirmasi positif tersebut menjalani karantina terpusat di Rujab Bupati Ende, Jalan El Tari Ende.

Pantauan Flores Pos di Rujab Bupati Ende pada Senin (18/5/2020) sore, tiga pasien baru terkonfirmasi positif covid-19 itu tampak tegar. Saat naik ke mobil ambulance, mereka diberikan semangat dan penguatan oleh petugas dan aparat yang berjaga.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Ende Bertambah 3 Orang

Petugas yang melakukan evakuasi menggunakan APD level III. Tiga pasien yang terdiri dua laki-laki dan satu perempuan tersebut langsung menuju isolasi RSUD Ende pada pukul 16.00 Wita.

Protokol Ketat di RSUD Ende

Sebelumnya, Direktur RSUD Ende, Dokter Aries Dwi Lestari, mengatakan bahwa ruang isolasi RSUD Ende saat ini hanya digunakan untuk merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

Petugas medis yang merawat pasien covid ini menggunakan APD level III dan mengikuti protokoler kesehatan. Selain itu, tim medis yang menangani pasien covid juga akan dilakukan rapid test.

Baca juga: Ende Zona Merah, Pasien 01 Positif Covid-19 Klaster Gowa

RSUD Ende juga telah memberlakukan pembatasan kunjungan pasien umum di RSUD Ende. Jumlah pengunjung dibatasi hanya dua orang dan menggunakan kartu jaga yang disiapkan RSUD Ende.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, Dokter Muna Fatma mengatakan, tiga pasien baru terkonfirmasi positif covid-19 adalah pengembangan klaster Gowa atau yang berkontak erat dengan alumni ijtima ulama Gowa asal Ende.

Sementara itu, untuk klaster Magetan, tim Gugus Gugas Kabupaten Ende masih menunggu hasil swab dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT.*