Home Flores Timur IKTL Larantuka Menggalang Dana Bagi Korban Rumah Terbakar di Ekasapta

IKTL Larantuka Menggalang Dana Bagi Korban Rumah Terbakar di Ekasapta

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Elton Wada

450
0
SHARE
IKTL Larantuka Menggalang Dana Bagi Korban Rumah Terbakar di Ekasapta

Keterangan Gambar : Mahasiswa IKTL Larantuka, Kabupaten Flotim melakukan aksi penggalangan dana bagi korban rumah terbakar di Ekasapta, Kecamatan Larantuka.


Larantuka, Flores Pos — Mahasiswa Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan aksi sosial penggalangan dana bagi korban rumah terbakar. Penggalangan dana bagi korban rumah terbakar di Ekasapta, Kecamatan Larantuka, berlangsung sejak Kamis hingga Sabtu (3-5/9/2020) di tiga lokasi berbeda di pusat Kota Larantuka.

Musibah kebakaran salah satu rumah warga di Kelurahan Ekasapta (Kampung Baru), Kecamatan Larantuka yang kemudian diketahui rumah milik warga, Rahiman Adam, terjadi pada Rabu (2/9/2020) sekitar pukul 10.00 WITA. Saat kejadian, Rahiman Adam dan istrinya sedang berdagang di Pasar Inpres Larantuka. Semua barang milik korban hangus terbakar dilalap jago merah.

Paulus Payong Bodo, mahasiswa Semester VII, Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika IKTL, kepada Flores Pos, Sabtu (5/9/2020) siang mengatakan bahwa mahasiswa IKTL yang menggalang dana mulai dari semester 1 hingga semester 7.

Aksi solidaritas itu kata Paulus Payong, berlangsung dari Kamis sampai Sabtu (3-5/9/2020), dimulai dari pukul 09.00 -12.00 WITA. Lokasi penggalangan dana selama tiga hari, yakni di depan Kampus IKTL dan STP Reinha Larantuka di Waibalun, Kelurahan Waibalun, Pasar Inpres Larantuka, dan Pelabuhan Laut Larantuka.

Baca juga: Aliansi Pemuda Progresif Flores Timur Gelar Demo di Kantor Bupati dan DPRD

“Aksi ini melibatkan mahasiswa. Semua mulai dari pimpinan, para dosen dan mahasiswa menyambut baik dan sangat antusias,” kata Paulus Payong.

Sementara Koordinator Aksi Sosial Mahasiswa IKTL, Kaliktus Ure Maran, mengaku aksi itu merupakan bentuk kepedulian sosial kemanusian mahasiswa IKTL Larantuka bagi korban kebakaran rumah di Ekasapta, Kelurahan Ekasapta, Kecamatan Larantuka.

Selain itu, kata mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) ini, bahwa aksi sosial kemanusian itu, juga sebagai respons mahasiswa IKTL terhadap peristiwa yang menimpa masyarakat Kabupaten Flotim, terkhusus di seputar Kota Larantuka.

“Aksi ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap korban. Kami meminta maaf kepada masyarakat di lokasi aksi yang aktivitasnya sedikit terganggu. Terima kasih untuk semua masyarakat yang sudah membantu korban,” kata Kaliktus Maran.

Sesuai informasi yang dihimpun Flores Pos, total penggalangan dana yang terkumpul dari aksi mahasiswa IKTL sebanyak Rp 3.134.500. Dana yang terkumpul diserahkan langsung kepada korban kebakaran rumah, Rahiman Adam dan isteri pada Sabtu (5/9/2020).