Home Sikka Kejari Maumere Siap Lakukan Pulbaket atas Pembangunan Puskesmas Waigete

Kejari Maumere Siap Lakukan Pulbaket atas Pembangunan Puskesmas Waigete

770
0
SHARE
Kejari Maumere Siap Lakukan Pulbaket atas Pembangunan Puskesmas Waigete

Keterangan Gambar : Kajari Maumere Azman Tanjung

Maumere, Flores Pos — Kajari Maumere Azman Tanjung mengemukakan bahwa instansi yang dipimpinnya siap melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) dan pengumpulan data (puldata) atas pelbagai proyek tahun 2019 di Kabupaten Sikka, termasuk proyek pembangunan Puskesmas Waigete yang tembok pagarnya ambruk dihantam banjir pada awal Januari 2020 ini.

“Jaksa siap lakukan pulbaket pembangunan Puskesmas Waigete,” kata Kajari Azman Tanjung yang dihubungi media ini, Sabtu (4/1).

Kajari Azman Mengakui bahwa pihaknya telah mendengar dan mengetahui adanya fakta jebolnya pagar keliling Puskesmas Waigete akibat diterjang banjir beberapa hari lalu.

“Informasi awal yang saya terima, diduga proyek ini dikerjakan tidak sesuai spek. Karena itu, jaksa sesuai kewenangannya mengusut proyek ini sesuai tahapan yang berlaku yang diawali dengan pulbaket dan puldata,” kata Kajari.

Meskipun menyatakan kesiapan untuk mengusut proyek ini secara hukum, namun Kajari tetap menghargai mekanisme internal di kalangan pemerintah yang memberikan kesempatan kepada rekanan untuk memperbaiki pagar yang roboh itu, dan memberikan kesempatan untuk menuntaskan proyek sesuai prosedur yang berlaku di pemerintahan.

“Bila dalam tenggang waktu yang diberikan, rekanan atau pihak-pihak berwenang tidak bisa menyelesaikan pengerjaan proyek itu, maka jaksa siap membantu pemerintah dengan melakukan pengusutan sesuai kewenangannya. Prinsipnya, Jaksa siap bantu pemerintah untuk mengusut proyek ini sehingga tidakrugikan negara,” kata  Kajari Azman.

Desak Jaksa Usut Tuntas

Sementara itu, Dosen Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya), Marianus Gaharpung dalam rilisnya yang diterima media ini, Jumat  (3/1), mendesak Kejari Maumere untuk segera melakukan penyelidikan semua poryek bermasalah di Kabupaten Sikka tahun 2019 termasuk proyek pembangunan Puskesmas Waigete.

“Saya minta jaksa segera selidiki pembangunan Puskesmas Waigete yang pengerjaannya sudah melampaui waktu kontrak kerja, dan kualitas pengerjaannya juga memprihatinkan,” kata Marianus.

Gaharpung mengaku heran karena pengerjaan proyek di Kabupaten Sikka selalu bermasalah, baik pengerjaannya molor, maupun kualitas pengerjaannya tidak tidak bagus.

“Karena itu, saya minta kepada jaksa untuk usut semua proyek bermasalah di Kabupaten Sikka, terutama proyek Puskesmas Waigete,” pinta Marianus.

Bupati Tinjau Proyek Puskesmas Waigete

Media ini mencatat bahwa Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo dan Ketua DPRD Sikka Donatus David serta Anggota DPRD Sikka Wenseslaus Wege, Jumat (3/1), meninjau proyek pembangunan Puskesmas Waigete dengan nilai Rp4 miliar tersebut, termasuk memantau pagar puskesmas yang ambruk tergerus banjir pada awal Januari 2020 ini.

Bupati Robi kepada wartawan mengemukakan bahwa ia meninjau proyek puskemas itu untuk melihat dari dekat kondisi fisik bangunan, dan mendorong para pihak yang bertanggung jawab di balik proyek pembangunan puskesmas tersebut agar bekerja profesional dan sesuai tenggang waktu yang ditentukan.

Untuk diketahui, hujan yang mengguyuri wilayah Kabupaten Sikka pada awal Januari 2020 menyebabkan luapan banjir di beberapa lokasi termasuk di lokasi pembangunan Puskesmas Waigete.

Penulis: Wall Abulat
Editor: Avent Saur