Home Sikka Kontak Erat dengan Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19, 7 Warga Sikka Dinyatakan Reaktif

Kontak Erat dengan Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19, 7 Warga Sikka Dinyatakan Reaktif

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

519
0
SHARE
Kontak Erat dengan Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19, 7 Warga Sikka Dinyatakan Reaktif

Keterangan Gambar : Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka Petrus Herlemus


Maumere, Flores Pos — Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka memastikan bahwa seorang pelaku perjalanan asal Sikka yang barusan tiba dari Kalimatan berinisial EV terkonfirmasi positif covid-19 dan yang bersangkutan pernah berkontak erat/dekat dengan puluhan warga Sikka. 7 orang dari antara mereka, katanya, dinyatakan reaktif seturut hasil rapid test.

Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka Petrus Herlemus kepada wartawan Kamis (30/7/2020) dan dipertegas saat dihubungi Flores Pos, Jumat (31/7/2020) mengaku bahwa pihaknya mendapatkan informasi terkait pasien yang positif itu dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT pada Rabu (29/7/2020) malam.

"Pada saat EV naik pesawat, hasil swab belum diberitahu sehingga dalam perjalanan, beliau sudah tiba pada 15 Juli. Data dirinya juga kita dapat dari gugus tugas, sehingga pada Rabu (29/7/2020) malam ada informasi dari Kadiskes Provinsi bahwa ada pelaku perjalanan yang positif Covid-19. Setelah mendapatkan informasi ini, saya perintahkan staf dan gugus tugas langsung ke Hepang karena yang bersangkutan domisilinya di Hepang," kata Petrus.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sikka Siap Lakukan Screening Ulang 135 Penumpang KM Lambelu

Setiba di Maumere pada Kamis (30/7/2020), lanjut Kadis Petrus, pasien yang terkonfirmasi positif ini menjalani karantina di Kantor Disparbud Sikka, dan pada Jumat (31/7/2020) yang bersangkutan dibawa ke Ruang Isolasi RSUD Maumere.

”Pasien terkonfirasi covid-19 ini sudah menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSUD Maumere sejak Jumat,” kata Petrus Herlemus.

Kadiskes Sikka ini mengakui bahwa berdasarkan penelusuran kontak erat, diketahui bahwa 7 orang mengalami reaktif. Mereka ini pun telah dijemput oleh tim gugus tugas covid-19 Sikka untuk kemudian menjalani karantina di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka.

“Satgas Covid-19 Sikka akan melakukan pengambilan swab terhadap pasien terkonfirmasi positif ini, dan 7 pasien reaktif lainnya. Kita berharap agar hasil swab selanjutnya tidak menunjukkan adanya transmisi lokal,” kata Petrus Herlemus.