Home Ende Kopdit Serviam Bhakti Mandiri Dorong Anggota Jadi Pengusaha

Kopdit Serviam Bhakti Mandiri Dorong Anggota Jadi Pengusaha

- Gelar RAT Ke-26

86
0
SHARE
Kopdit Serviam Bhakti Mandiri Dorong Anggota Jadi Pengusaha

Keterangan Gambar : Ketua Pengurus Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri, Kosmas Lawa Bagho (berkemeja biru), bersama pengurus dan jajaran manajemen saat memberikan keterangan pers di Kantor Kopdit SBM, Jumat (14/2).

 

"Kopdit Serviam Bhakti Mandiri, pada momen RAT tahun 2020 ini, mengambil satu langkah terobosan, yakni mendorong empat ribu lebih anggota sebagai  pengusaha di bidangnya masing- masing," - Kosmas Lawa BaghoKetua Pengurus Koperasi Kredit SBM.


Ende, Flores Pos - Koperasi Kredit (Kopdit) Serviam Bhakti Mandiri (SBM) membuat satu gebrakan  untuk  mendorong  peningkatan  ekonomi anggota. Kopdit yang sedang  mengajukan  izin untuk menjadi koperasi kredit primer tingkat provinsi ini akan menjadikan seluruh anggotanya sebagai pengusaha di bidangnya masing-masing. Aspek ini akan terus didorong dan dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi keluarga anggota Kopdit SBM.

Ketua Pengurus Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri, Kosmas Lawa Bagho, menyampaikan hal ini  saat memberikan keterangan pers terkait  RAT ke-26 di Kantor Kopdit SBM, Jumat (14/2).

Kosmas mengatakan, rapat anggota  tahunan (RAT) ke-26 tahun 2020 merupakan momen  spesial, karena Koperasi  Kredit Serviam Bhakti Mandiri menghadirkan pihak pemerintah, Puskopdit  Flores  Mandiri, serta pihak Yayasan Nusa Taruni Bhakti untuk mendiskusikan gerakan  koperasi sebagai kekuatan ekonomi masyarakat.

Dorong Anggota Jadi Pengusaha

Kopdit Serviam Bhakti Mandiri, pada momen RAT tahun 2020 ini, mengambil satu langkah terobosan, yakni mendorong empat ribu lebih anggota sebagai  pengusaha di bidangnya masing- masing. Bahkan, sebagian anggota sudah mulai menggeluti sejumlah bidang usaha, baik secara pribadi maupun kelompok. Di antaranya, kelompok  usaha  di Nangaroro, Mukusaki, dan Nangamboa. Saat ini, ada 37 anggota  yang  sudah dibantu oleh pihak manajemen Kopdit Serviam menjadi pengusaha.

Pada kesempatan RAT kali ini juga, Manajemen Kopdit SBM menyampaikan rencana besar terkait pengembangan Kopdit Serviam ke depanya. Dijelaskan bahwa pengurus dan jajaran manajemen akan mendorong peningkatan pendapatan anggota dengan menghadirkan usaha di sektor lain. Selama ini, anggota hanya mendapatkan deviden  dari simpanan. Maka, dengan peningkatan usaha ini, anggota akan mendapatkan hasil dari jenis usaha lain. Kopdit Serviam Bhakti Mandiri akan membangun kantor bukan hanya sebagai tempat pelayanan, tetapi sebagai tempat dengan multifungsi guna meningkatkan penghasilan.

"Pada momen RAT kali ini, kita lakukan tiga hal: menghadirkan pihak Pemerintah Kabupaten Ende, Puskopdit Flores Mandiri, dan yayasan untuk duduk satu meja berdiskusi tentang gerakan koperasi; mendorong anggota menjadi pengusaha di bidangnya masing-masing;  dan merambah sektor usaha lain, " katanya.

Jadi Kopdit Primer Provinsi

Ketua Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri juga mengatakan, koperasi ini telah berubah namanya pada tahun 2018 lalu dari Kopdit Serviam menjadi Kopdit  Serviam Bhakti Mandiri. Perubahan ini ditetapkan melalui RAT dan rapat khusus. Selain itu, Kopdit Serviam Bhakti Mandiri juga sedang mengurus izin menjadi Kopdit Primer Provinsi. Dan setelah izin ini dikeluarkan oleh  Dinas  Koperasi  Provinsi NTT, maka Kopdit Serviam Bhakti Mandiri akan membuka cabang di kabupaten lain di NTT.

"Kita sedang  mengurus izin menjadi  Kopdit Primer Provinsi. Dan setelah mendapatkan izin, kita akan membuka cabang di Mbay, Kabupaten Nagekeo, dan juga di sejumlah kabupaten lain. Kita berharap proses izin ini dapat dikeluarkan dalam waktu dekat," kata Kosmas.

Baca jugaRatusan Pedagang Pasar Pada Datangi Kantor Bupati dan DPRD Lembata

Manajer Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri, Lambertus Liki, mengatakan pihak manejemen sangat  antusias  menyambut rencana dan gebrakan dari badan pengurus tersebut. Pihak manajemen berharap agar gebrakan ini membawa perubahan yang signifikan.

Gelar RAT Ke-26

Ketua Panitia  RAT  ke-26 Kopdit Serviam Bhakti Mandiri, Klemens Lae, mengatakan kegiatan  RAT akan dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Februari 2020, di Aula BSK Ende. Kegiatan RAT ini akan dihadiri Bupati Ende Djafar Achmad, Ketua DPRD Ende, Manajer Puskopdit Flores  Mandiri, dan Yayasan Nusa Taruni Bhakti.

"Kami telah menyampaikan undangan kepada Bupati dan Ketua DPR, dan memastikan bahwa  Bupati Ende dan Ketua DPRD Ende akan hadir pada momen RAT ini. Kehadiran  pemerintah  ini merupakan bukti  perhatian pemerintah terhadap gerakan koperasi  di Kabupaten Ende," kata Klemens.

Kegiatan RAT tahun 2020 ini akan dihadiri oleh empat ratus lebih pengurus Kopdit Serviam Bhakti Mandiri, dan merupakan momen spesial karena bertepatan dengan pemilihan pengurus dan pengawas periode 2020-2022.

Oleh Wily Aran
Editor: Amandus Klau