Home Sikka Mitra Kerja BPS Sikka Gencar Melakukan Pendataan Sensus Penduduk 2020 dari Rumah ke Rumah

Mitra Kerja BPS Sikka Gencar Melakukan Pendataan Sensus Penduduk 2020 dari Rumah ke Rumah

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

106
0
SHARE
Mitra Kerja BPS Sikka Gencar Melakukan Pendataan Sensus Penduduk 2020 dari Rumah ke Rumah

Keterangan Gambar : Dua petugas mitra BPS: Natalia Dua Ona (ke-2 dari kanan) dan Mas Wahid (kanan) sedang melakukan pendataan sensus penduduk 2020 di salah satu rumah di RT 018/RW 004, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Minggu (13/9/2020).


Maumere, Flores Pos — Mitra kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sikka gencar melakukan pendataan sensus penduduk 2020 secara tatap muka dari rumah ke rumah warga Kota Maumere, Kabupaten Sikka dalam sepekan terakhir.

Upaya pendataan secara tatap muka ini untuk menjaring penduduk yang belum terkover melalui pendataan secara online selama periode Februari hingga Mei 2020 lalu.

Sesuai pantauan Flores Pos, Minggu (13/9/2020), dua mitra BPS yakni Natalia Dua Ona dan Mas Wahid mendatangi setiap rumah warga di RT 018/RW 004, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka.

Disaksikan media ini, petugas meminta data dari setiap penduduk yang belum terkover secara online seperti data identitas diri dan anggota keluarga, status kepemilikan rumah, apakah menggunakan listrik, sumber air yang digunakan, apakah ada fasilitas jamban, jenis lantai, alamat tempat tinggal, akta kelahiran, jenjang pendidkan, pekerjaan, dan data-data kependudukan lainnya.

Salah seorang mitra BPS Kabupaten Sikka Natalia Dua Ona kepada Flores Pos menjelaskan bahwa sensus penduduk tahun 2020 dilakukan dalam dua model yakni pendataan secara online yang berlangsung sejak Februari hingga Mei 2020; dan pendataan secara tatap muka mulai 1 hingga 15 September 2020.

Baca juga: Angin Puting Beliung Merobohkan Gedung PLK Wairbukan: KBM Tatap Muka Belum Berjalan Normal

“Pendataan secara tatap muka digencarkan karena masih banyak penduduk yang belum didata dalam sensus penduduk melalui online. Sensus penduduk secara tatap muka akan berakhir pada 15 September 2020,” kata Natalia.

Sementara Mitra Kerja BPS lainnya, Wahid menambahkan bahwa Sensus Penduduk 2020 merupakan Sensus ke-7 dalam sejarah RI.

“Sensus Penduduk 2020 merupakan Sensus ke-7. Sensus penduduk dilakukan sekali dalam 10 tahun,” kata Wahid.

Terima Kasih

Beberapa warga RT 018/RW 004 Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka di antaranya Benyamin Teti menyampaikan terima kasih kepada BPS dan mitra kerjanya yang telah mendatangi setiap rumah warga untuk mendata sensus penduduk 2020.

“Saya menyampaikan terima kasih atas kerja keras mitra kerja BPS Kabupaten Sikka yang telah melakukan pendataan sensus penduduk 2020 di RT 018/RW 004,” kata Benyamin.