Home Nagekeo Nagekeo Kembali ke Zona Hijau

Nagekeo Kembali ke Zona Hijau

Penulis: Avent Saur / Editor: Arsen Jemarut

266
0
SHARE
Nagekeo Kembali ke Zona Hijau

Keterangan Gambar : Silvester Teda Sada


Mbay, Flores Pos — Kabupaten Nagekeo kembali ke zona hijau terkait covid-19 pada Selasa (21/7/2020). Status zona hijau dinyatakan ketika pasien 03 yang pernah terkonfirmasi positif covid-19 dinyatakan negatif dalam hasil tes swab.

Demikian press release yang diterima media dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prot & Kompim) Setda Kabupaten Nagekeo pada Selasa (21/7/2020).

Dikatakan bahwa sesuai buku pedoman revisi 5, pasien negatif tes swab satu kali sudah dinyatakan sembuh dan bisa kembali ke rumah, dan tidak perlu lagi tes swab kali kedua.

Mengacu pada dokumen pedoman tersebut, pasien 03 yang positif covid-19 di Kabupaten Nagekeo dinyatakan sembuh.

“Sore ini (Selasa, red) pasien ini bisa kembali ke rumah dan beraktivitas seperti biasa di tengah keluarga dan lingkungan sambil perhatikan protokol kesehatan,” demikian press release yang dikirim Kabag Prot & Kompim Setda Nagekeo yang juga Jubir Gugus Tugas Covid-19 Nagekeo, Silvester Teda Sada.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Nagekeo: Dua Sembuh, Satu Masih Dirawat

Atas sembuhnya pasien terakhir tersebut, tim dan relawan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nagekeo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan segenap masyarakat yang telah mendukung dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19 di wilayah itu.

“Ketaatan dan kedisiplinan kita di tengah ancaman wabah covid-19 sangat menolong kita untuk keluar dari status zona kuning menuju zona hijau sekarang,” tuturnya.

Tanggung Jawab Semua Pihak

Gugus Tugas Covid-19 melalui Bagian Prot & Kompim Setda Nagekeo juga menegaskan bahwa tugas dan tanggung jawab semua pihak tetap harus dijalankan sebagaimana mestinya.

Pada era new normal atau adaptasi kebiasaan baru ini, demikian press release tersebut, semua pihak justru makin dituntut untuk benar-benar menaati protokol kesehatan seperti wajib pakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan antarwarga yang tidak dipastikan asal perjalanannya, dan cuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Uang Kompensasi Belum Dilunasi, Pemilik Lahan Tanam Pohon Pisang di Halaman SMAN 2 Boawae

“Perlahan-lahan pencegahan covid-19 menjadi tanggung jawab personal kalau kita mau hidup sehat. Dengan tanggung jawab ini, bisa dipastikan, komunitas luar dirinya pun bisa bebas dari ancaman penularan virus corona.”.

Dikabarkan juga bahwa pelaku perjalanan yang tiba di wilayah Kabupaten Nagekeo pada Selasa (21/7/2020) sebanyak 35 orang.

Kepada warga yang melakukan perjalanan dari wilayah zona merah, Gugus Tugas mengimbau agar taat menjalani karantina mandiri.*