Home Ende Otoritas Bandara Ende Minta Pemda Mengalihkan Penanganan Drainase

Otoritas Bandara Ende Minta Pemda Mengalihkan Penanganan Drainase

Penulis: Willy Aran / Editor: Elton Wada

390
0
SHARE
Otoritas Bandara Ende Minta Pemda Mengalihkan Penanganan Drainase

Keterangan Gambar : Kepala Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, Muhamad Auriyadin.


Ende, Flores Pos — Kompleks bandara H. Hasan Aroeboesman Ende selalu menjadi langganan luapan air saat musim hujan. Luapan  air dari drainase yang berada di kompleks bandara tersebut masuk hingga ke run way bandara dan mengganggu arus penerbangan. Sementara itu, penanganan drainase di kawasan tersebut masih menjadi kewenangan pemerintah daerah (Pemda) melalui Dinas PU.

Pihak bandara, karena itu, meminta agar Pemda memberikan kewenangan kepada bandara agar persoalan tersebut ditangani sendiri oleh pihak bandara. 

"Kita sudah minta melalui surat resmi ke pemerintah agar diberikan kepada bandara untuk menanganinya karena masuk dalam kompleks bandara". Hal ini dikatakan oleh Kepala Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, Muhamad Auriyadin kepada wartawan, Jumat (28/8/2020) lalu. 

Bandara Ende, katanya, selalu menjadi langganan banjir karena luapan air dari drainase yang berada di kompleks bandara. Setiap musim hujan, pihaknya harus bekerja ekstra membersihkan sampah dan mengeringkan air yang masuk ke run way bandara serta halaman parkir. Kondisi ini terjadi karena saluran atau drainase tersebut tersumbat akibat tumpukan sampah. 

Baca juga: Aktivitas Penumpang Meningkat, Terminal Bandara Ende akan Direnovasi

Untuk mencegah dan mengurangi masalah ini pihak Bandara Ende telah mengusulkan untuk membenahi drainase. Namun rencana pembenahan dan perbaikan itu masih terbentur soal kewenangan dalam penanganan. Drainase yang melintas di kompleks bandara masih menjadi kewenangan Pemda melalui Dinas PU. 

"Kami mengharapkan agar pemerintah lepas dan memberikan kepada kami untuk menanganinya karena dampaknya kami yang  rasakan. Kami juga sudah berdiskusi dengan pimpinan DPRD Ende terkait persoalan penanganan ke depannya," katanya. 

Meskipun masih menjadi kewenangan Pemda Ende, pihak bandara telah merancang konsep dan desain pembangunan drainase tersebut. Dikatakanya pula bahwa pihaknya mengharapkan agar pemerintah segera melepas dan memberikan kewenangan penanganan kepada pihak bandara.