Home Ende Pasien 01 Ende Berkontak Erat dengan 23 Orang di Nangapanda

Pasien 01 Ende Berkontak Erat dengan 23 Orang di Nangapanda

Penulis: Willy Aran / Editor: Anton Harus

9,025
0
SHARE
Pasien 01 Ende Berkontak Erat dengan 23 Orang di Nangapanda

Keterangan Gambar : Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Ende, dr. Muna Fatma.


Ende, Flores Pos Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende langsung bergerak melakukan penelusuran ke keluarga atau orang yang kontak erat dengan pasien 01 terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Ende dari klaster Gowa.

Dari penelusuran yang dilakukan Gugus Tugas telah melakukan rapid test kepada 23 orang yang berkontak erat dan kemungkinan akan bertambah.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Ende, Dokter Muna Fatma, saat konferensi pers di Posko Gugus Tugas, Kamis (13/5/2020), mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh Gugus Tugas setelah pengumuman Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT bahwa satu swab dari 6 swab yang dikirim oleh Kabupaten Ende terkonfirmasi positif covid-19, adalah Gugus Tugas Ende langsung melakukan penelusuran kontak.

Baca juga: Ende Zona Merah, Pasien 01 Positif Covid-19 Klaster Gowa

Diketahui bahwa pasien yang positif covid-19 itu adalah di wilayah Kecamatan Nangapanda. Petugas telah melakukan rapid test terhadap warga di lokasi.

"Tindak lanjut dari Gugus Tugas itu melakukan tracking dan hari ini, Kamis (13/5/2020) dan mendapatkan informasi dari Puskesmas Nangapanda dan melakukan rapid test sebanyak 23 orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19. Kemungkinan masih akan berkembang dan kita terus melakukan penelusuran," kata Dokter Muna.

Pihak Gugus Tugas juga mengharapkan kejujuran pasien terkait kontak erat dan interaksinya dengan orang lain.

Baca juga: 16 Sampel Swab dari Ende Dikirim ke Kupang dengan KM Sirung

Menurut Dokter Muna, tindakan rapid test langsung dilakukan di lokasi di mana warga berkontak erat ditemukan. Gugus tugas tidak mengambil risiko membawa keluarga atau warga yang kontak erat itu ke Puskesmas Nangapanda karena puskesmas merupakan fasilitas publik.

"Penelusuran ini akan terus berkembangan dan kita harapkan kejuruan dari pasien itu sendiri terkait dengan interaksinya dengan masyarakat," kata Dokter Muna.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Ende juga mengatakan bahwa satu pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 langsung ditangani oleh tim dokter RSUD Ende dan diberikan obat-obatan.

Semantara 5 orang lainnya yang diisolasi bersama di RSUD Ende yang hasil swabnya negatif akan dipulangkan dalam beberapa hari ke depan. Mereka akan tetap dipantau oleh puskemas masing-masing.

"Kondisi pasien yang positif covid-19 menurut laporan RSUD Ende, Rabu (12/5/2020) malam, kondisinya stabil. Tim dokter yang menangani telah berikan obat dan melakukan perawatan."

"Sementara 5 orang hasil swabnya negatif tidak dilakukan rapid test atau swab lagi karena hasil swabnya negatif. Mereka akan dipulangkan dan tetap dipantau oleh Gugus Tugas melalui puskemas di wilayahnya dan melakukan karantina mandiri," kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Ende.*