Home Sikka Peduli Anggota selama Pandemi Covid-19, Obor Mas Turunkan Bunga Pinjaman

Peduli Anggota selama Pandemi Covid-19, Obor Mas Turunkan Bunga Pinjaman

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

341
0
SHARE
Peduli Anggota selama Pandemi Covid-19, Obor Mas Turunkan Bunga Pinjaman

Keterangan Gambar : GM KSP Kopdit Obor Mas Leonardus Frediyanto Moat Lering


Maumere, Flores Pos — KSP Kopdit Obor Mas Maumere, Kabupaten Sikka, melakukan relaksasi peduli terhadap anggotanya selama pandemi covid-19 dengan menurunkan suku bunga pinjaman Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dari 21% per tahun menjadi 11% pertahun. Penurunan suku bunga pinjaman ini mulai berlaku sejak 21 Juli 2020.

Hal itu disampaikan General Manager (GM) KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering kepada wartawan di Kantor Pusat KSP Kopdit Obor Mas, Jalan Kesehatan No.4 Maumere, Selasa (21/7/2020). Kendati demikian, Leonardus menekankan bahwa penurunan suku bunga pinjaman itu hanya berlaku untuk tiga produk pinjaman LPDB terbaru yakni:

Pertama, produk LPDB Ultra Mikro dengan kekhasan seperti besaran pinjaman antara Rp1 juta hingga Rp20 juta, lama peminjaman 25 bulan, dan agunan utama bagi penerima LPDB berupa aset usaha atau objek yang dibiayai LPDB, ditambah agunan tambahan berupa simpanan saham dan non-saham, gambar tanah/BPKB motor/BPKB mobil dengan menggunakan surat penyerahan jaminan diketahui oleh desa/lurah.

Baca juga: Presiden Jokowi Undang Obor Mas Bahas Pemulihan Ekonomi Nasional

Kedua, Produk LPDB Mikro dengan besaran pinjaman di atas Rp20 juta hingga Rp50 juta dengan lama pinjaman 40 bulan dan agunan berupa asset usaha dan objek yang dibiayai LPDB plus agunan tambahan berupa simpanan saham dan non-saham, sertifikat tanah dengan menggunakan surat penyerahan jaminan diketahui oleh desa/lurah.

Ketiga, produk kecil dengan kisaran pinjaman Rp50 juta hingga Rp250 juta, lama pinjaman 50 bulan, dengan agunan aset usaha atau objek yang dibiayai LPDB, plus jaminan tambahan berupa simpanan saham dan non-saham, sertifikat tanah dengan diikat notaris dan atau BPKB Mobil diikat dengan fidusia.

“Yang membedakan tiga produk ini adalah besaran pinjaman, jaminan dan lamanya pinjaman. Sementara suku bunga untuk setiap pinjaman sama yakni 11% per tahun atau 0,9% bulan,” katanya.

Syarat Pinjaman

Leonardus pada kesempatan ini menyebut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman LPDB yakni: sudah menjadi anggota KSP Kopdit Obor Mas, berlaku untuk semua anggota termasuk PNS yang penting punya usaha produktif; memotivasi anggota penerima pinjaman LPDB wajib ikut diklat, melampirkan fotokopi KTP elektrik atau fotokopi surat keterangan KTP sementara yang dikeluarkan oleh Dukcapil; melampirkan fotokopi kartu keluarga; melampirkan foto usaha; melampirkan hasil Ideb Slik OJK pada bulan tersebut; melampirkan surat Keterangan Usaha dari Desa/Lurah yang menyatakan calon penerima pinjaman LPDB memiliki usaha produktif (Tani,Ternak,Nelayan,Dagang,Jasa,Ojek, dan lain-lain) dan dinyatakan layak; dan pinjaman LPDB tidak boleh digunakan untuk melunaskan pinjaman lama dan untuk konsumtif/beli tanah, dan lain-lain.

Wujudkan Kualitas Pelayanan Pinjaman

GM Obor Mas dalam surat bernomor: 326/CU/OM/VII/2020 yang ditujukan kepada Deputi PI & Kepatuhan KSP Kopdit Obor Mas; dan para Manager Cabang dalam lingkup KSP Kopdit Obor Mas, demi upaya meningkatkan saldo pinjaman dan kualitas pelayanan pinjaman kepada anggota, menyatakan beberapa hal penting yakni:

Pertama, pinjaman LPDB diberikan kepada anggota dengan Suku Bunga 11% Flat per tahun dan mulai berlaku tanggal 21 Juli 2020.

Kedua, pinjaman LPDB diperuntukkan bagi semua anggota, termasuk kalangan PNS yang memiliki usaha produktif dan memenuhi ketentuan Produk Pinjaman LPDB.

Ketiga, pinjaman LPDB tidak boleh digunakan untuk melunaskan pinjaman lama atau pinjam tindis. Apabila calon peminjam LPDB masih memiliki saldo pinjaman di KSP Kopdit Obor Mas, maka calon peminjam LPDB dapat memanfaatkan Produk Pinjaman Umum Flat 10 (PF 10) dengan suku bunga 2% Flat per bulan tanpa potongan administrasi pinjaman untuk melunaskan pinjaman lama.

Keempat, penambahan produk pinjaman terbaru ini, tidak menghilangkan Produk Pinjaman Setor sendiri sebelumnya yakni Pinjaman Reguler (PUM5) dan pinjaman Jumbo (PUF4) masih tetap berlaku.