Home Sikka Pelaku Perjalanan Asal Waigete Dimakamkan Mengikuti Protokol Covid-19

Pelaku Perjalanan Asal Waigete Dimakamkan Mengikuti Protokol Covid-19

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

835
0
SHARE
Pelaku Perjalanan Asal Waigete Dimakamkan Mengikuti Protokol Covid-19

Keterangan Gambar : Kaurbinops (KBP) Samapta Polres Sikka Ipda Muhammadong (kiri) melakukan apel persiapan untuk menguburkan jenazah KNP yang berlangsung di Halaman Kantor Dinkes Sikka, Selasa (21/7/2020) siang.


Maumere, Flores Pos — Pelaku perjalanan asal Waigete berinisial KNP (35 tahun) kategori probable covid-19 dan meninggal di Ruang Isolasi RSUD Maumere, Selasa (21/7/2020) pukul 04.00 Wita, dimakamkan mengikuti protokol kesehatan covid-19 di Watubala, Desa Wairterang, Kecamatan Waigete, Selasa (21/7/2020). Pemakaman tersebut berlangsung di bawah koordinasi dan pembiayaan Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus kepada wartawan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Selasa (21/7/2020). Herlemus menjelaskan bahwa penguburan KNP dilakukan mengkuti protokol kesehatan karena yang bersangkutan masuk kategori probable covid-19 dengan gejala sesak napas, demam, batuk dan pilek.

Baca juga: Pelaku Perjalanan Kategori Probable Covid-19 Meninggal di Ruang Isolasi RSUD Maumere

“Setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga maka disepakati penguburan yang bersangkutan dilakukan mengikuti protokol kesehatan. Penguburan itu dilakukan di pekuburan keluarga di Watubala,” kata Herlemus.

Bentuk Tiga Tim

Herlemus pada kesempatan itu menjelaskan bahwa dengan mengikuti protokol kesehatan, Satgas Covid-19 telah membagi tiga tim khusus selama acara pemakaman KNP berlangsung. Tim I bertugas ke rumah duka untuk untuk menggali kubur. Tim II ditugaskan untuk menjaga jenazah di Ruang Isolasi RSUD Maumere. Sedangkan Tim III ditugaskan untuk membawa jenazah dari Ruang Isolasi RSUD Maumere menuju lokasi penguburan dan selanjutnya melakukan penguburan.

“Tiga tim ini siap menjalankan tugas sesuai tupoksinya,” kata Herlemus.

Siap Lakukan Pemakaman

Sesuai pantauan media ini, Tim Gabungan Polri, TNI AD, dan TNI AL yang beranggotakan 8 orang dan yang dipimpin Kaurbinops (KBP) Samapta Polres Sikka Ipda Muhammadong melakukan apel persiapan untuk menguburkan jenazah KNP yang berlangsung di Halaman Kantor Dinkes Sikka, Selasa (21/7/2020) siang.

Baca juga: Kabupaten Sikka Kembali ke Zona Hijau

Muhammadong pada kesempatan itu meminta tim gabungan yang bertugas, agar mematuhi semua protokol kesehatan serta memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap selama melakukan penguburan jenazah KNP.

“Saya minta agar anggota taat ikuti protokol kesehatan dan harus memakai APD lengkap,” kata Muhammadong.