Home Flores Timur Persiapan Mulai Ibadah di Gereja, Uskup Larantuka Berharap Paroki Membentuk Gugus Tugas

Persiapan Mulai Ibadah di Gereja, Uskup Larantuka Berharap Paroki Membentuk Gugus Tugas

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Anton Harus

91
0
SHARE
Persiapan Mulai Ibadah di Gereja, Uskup Larantuka Berharap Paroki Membentuk Gugus Tugas

Keterangan Gambar : Suasana pertemuan di Aula Dekenat Larantuka pada Sabtu (27/6/2020), yang digelar Uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung, terkait rencana buka kembalinya kegiatan gerejani di wilayah Keuskupan Larantuka.


Larantuka, Flores Pos Uskup Keuskupan Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung, berencana akan mengeluarkan keputusan dalam bentuk pedoman-pedoman ibadah dan perayaan ekaristi yang melibatkan umat di gereja-gereja saat new normal.

Karena itu, pemimpin Gereja lokal di Kabupaten Flotim dan Kabupaten Lembata ini mengharapkan agar semua paroki se-Keuskupan Larantuka membentuk Gugus Tugas agar ada ketertiban, kedisiplinan, dan rasa aman dari wabah Covid-19 dapat terwujud dengan baik bagi semua dalam beribadah.

Harapan itu disampaikan Uskup Fransiskus Kopong Kung dalam pertemuan yang digelar di Aula Dekenat Larantuka pada Sabtu (27/6/2020) sore.

Saat itu, Uskup Frans menggelar pertemuan dengan Deken Larantuka dan Deken Adonara, Pastor Paroki, dan Dewan Pastoral Paroki (DPP) terutama paroki Kota se-Dekenat Larantuka berkaitan dengan rencana mulai kembalinya kegiatan ibadah dan perayaan ekaristi di Gereja lokal Keuskupan Larantuka.

Hadir juga dalam pertemuan itu tersebut unsur-unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Flotim, yakni Asisten Bidang Administrasi Antonius Wukak Sogen, Kepala Dinas Kesehatan Dokter Agustinus Oggie Silimalar yang juga Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatanan Penanganan Covid-19 dan Kepala Pelaksana BPBD Aloysius Betan.

Paroki Membentuk Gugus Tugas

Uskup Frans mengatakan, sebelum membuka kembali ibadah dan perayaan ekaristi yang melibatkan banyak umat di gereja, semua paroki mesti membentuk Gugus Tugas.

Gugus Tugas dimaksud, katanya, bertugas memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan disiplin dan ketertiban, serta kewajiban-kewajiban mengenai protokoler kesehatan yang mesti dipatuhi agar dapat memberi rasa aman bagi semua umat yang beribadah pada masa wabah covid-19.

“Tiap paroki mesti ada Gugus Tugas yang secara teknis memperhatikan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan ibadah dan perayaan Ekaristi."

"Secara teknis mengenai ibadah, perayaan ekaristi, dan lainnya terutama protokoler kesehatan diatur masing-masing paroki. Soal anak-anak dan orangtua lanjut usia perlu kita pikirkan dan diperhatikan secara baik,” katanya.

Melalui pertemuan tersebut, Uskup Frans menerima masukan, usulan, dan saran demi memberi rasa aman dan nyaman bagi semua pihak dan gereja dalam mengambil langkah tindak lanjut terkait pelaksanaan ibadah dan ekaristi di gereja-gereja.

Selain itu, pertemuan tersebut sebagai langkah awal persiapan dan sosialisasi kepada umat dan masyarakat.

“Rasa aman tentu didukung dengan sikap, pola hidup, disiplin, tertib, dan teratur dari semua pihak. Perhatikan dan selalu patuhi protokoler kesehatan agar kita semua aman dan nyaman."

Dalam kaitan dengan ini, lanjutnya, hal-hal teknis harus diperhatikan dan dilaksanakan di setiap paroki di wilayah Keuskupan Larantuka.

Surat Pedoman Kegiatan Gerejani

Uskup Frans dalam waktu dekat akan mengeluarkan surat yang berisi pedoman-pedoman pelaksanaan ibadah dan ekaristi. Karenanya, Uskup Frans sangat mengharapkan agar paroki, umat, dan masyarakat selalu dan tetap mematuhi berbagai imbauan dan protokoler kesehatan agar terhindar dari infeksi wabah covid-19.

“Perlu sosialisasikan langkah-langkah teknisnya sebelum gereja kembali dibuka untuk pelaksanaan ibadah dan ekaristi. Protokol kesehatan harus tetap dipatuhi. Disiplin, tertib, dan taat,” katanya.

“Saya tidak ingin Gereja menjadi penyebar virus ini. Saya tentu punya kecemasan. Saya akan keluarkan surat untuk kita memulai, maka persiapkan diri dengan baik dengan beberapa pedoman agar dapat berjalan dengan baik dan aman,” kata Uskup  Frans.

Disaksikan Flores Pos, Sabtu (27/6/2020) sore hingga malam, pertemuan dipandu Deken Larantuka, Romo Bernadus Bala Kerans. Romo Bernad memberikan kesempatan kepada para pastor paroki dan DPP untuk menyampaikan masukan, usul, dan saran.

Dari unsur Pemda Flotim, Tim Gugus Tugas menginformasikan hal-hal terkait situasi dan kondisi terkini covid-19 di Flotim, protokoler kesehatan, dan berbagai aturan soal new normal ketika Uskup Larantuka kembali membuka gereja untuk pelaksanaan kegiatan ibadah dan ekaristi.*