Home Manggarai Perumda Tirta Komodo Sediakan 23 Kran Air Gratis

Perumda Tirta Komodo Sediakan 23 Kran Air Gratis

Oleh Christo Lawudin

946
0
SHARE
Perumda Tirta Komodo Sediakan 23 Kran Air Gratis

Keterangan Gambar : Dirut Perumda Tirta Komodo Ruteng, Man Klemens


Ruteng, Flores Pos — Perumda Tirta Komodo Ruteng mendukung pemerintah dalam mencegah pandemi covid-19 dengan menyediakan 23 kran gratis baik dalam kota maupun luar kota agar masyarakat mencuci tangan sesuai protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Dirut Perumda Tirta Komodo Ruteng, Man Klemens, kepada wartawan di Ruteng pada Senin (31/8/2020), terkait kontribusi badan usaha milik Pemkab itu dalam mendukung upaya mencegah virus corona.

Baca juga: Menurun, Debit Air pada Sejumlah Sumber Air Perumda Tirta Komodo

Klemens mengatakan, sejak beberapa bulan lalu, Perumda menyediakan 23 kran air gratis untuk publik di Kota Ruteng dan pada sejumlah ibu kota kecamatan. Siapa saja bisa memanfaatkan kran air itu untuk mencuci tangan.

"Kita sudah siapkan 23 kran air gratis. Airnya juga mengalir terus setiap saat. Ini bentuk nyata dukungan kita dalam mencegah dan mengatasi virus corona," katanya.

Menurutnya, kran gratis itu tidak ditempatkan pada sembarang tempat. Lokasinya di pasar-pasar, terminal-terminal, dan area publik lainnya.

Pada area publik tersebut banyak sekali orang berkumpul dan melakukan aktivitas sepanjang hari.

“Sebab berkumpulnya banyak orang bisa menjadi sumber penyebaran virus corona. Pelayanan air gratis akan dihentikan jika ada keputusan dari Pemkab Manggarai soal covid-19,” katanya.

Baca juga: 48 Orang Berkontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19 di Manggarai

Karena itu, lanjut Klemens, masyarakat tak perlu cemas dengan pelayanan air bersih pada area-area publik. Pelayanan air tetap berjalan biasa untuk beberapa waktu ke depan.

‘Air yang ada mesti dimanfaatkan secara baik sesuai dengan peruntukannya, yakni mencuci tangan guna mencegah virus corona.

Mudahkan Warga Cuci Tangan

Beberapa waktu lalu dalam kunjungan di Pasar Inpres Ruteng, Bupati Deno Kamelus mengatakan, di Pasar Inpres Ruteng mesti disiapkan sejumlah kran gratis sehingga publik bisa dengan mudah mencuci tangan kapan saja.

Mencuci tangan, lanjutnya, berguna untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. Kran gratis disiapkan pemerintah melalui Perumda Tirta Komodo Ruteng.

"Kita harus siapkan banyak tempat cuci tangan di pasar untuk memudahkan warga mencuci tangan guna mencegah virus corona. Teknik penempatannya diatur Perumda Tirta Komodo," katanya.*