Home Manggarai Polisi Tangkap Warga Terduga Pencuri Rp10 Juta dan Handphone di Kota Ruteng

Polisi Tangkap Warga Terduga Pencuri Rp10 Juta dan Handphone di Kota Ruteng

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Avent Saur

278
0
SHARE
Polisi Tangkap Warga Terduga Pencuri Rp10 Juta dan Handphone di Kota Ruteng

Keterangan Gambar : Polisi mengamankan warga terduga pelaku dalam kasus pencurian di Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai pada Selasa (5/9/2020).


Ruteng, Flores Pos — Personel polisi di Polres Manggarai menangkap terduga pencuri uang sebesar Rp10 juta dan handphone di Kota Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai pada Selasa (15/9/2020).

Penangkapan tersangka tidak mudah karena polisi harus bekerja keras selama hampir tiga bulan pasca laporan korban pencurian pada Juli lalu.

Terduga pelaku, Aleksander S. Nakar (24), warga Kelurahan Nekang, Kecamatan Langke Rembong. Korbannya, Imam Fauzi (30), warga Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong. Saat ini terduga bersama barang bukti sudah diamankan penyelidik Polres Manggarai.

Baca juga: 61 Orang Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 di Manggarai

Kepada wartawan di Ruteng, Jumat (18/9/2020), Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo, melalui Humas Bagus Suhartono, mengatakan, sesuai dengan data yang diperoleh dari Tim Jatanras Polres, terduga ditangkap di Kampung Leda,  Kelurahan Bangka Leda pada Selasa sore.

Dari tangan terduga, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang Rp4.550.000 dan handphone merek Samsung.

"Terduga dan barang bukti telah diamankan. Apakah yang bersangkutan seorang diri, polisi akan terus lakukan pengembangan dalam penyelidikan," katanya.

Bekerja Tiga Bulan

Dikatakannya juga bahwa penangkapan terduga tidak mudah karena polisi harus bekerja keras selama hampir tiga bulan. Korban pencurian, Imam Fauzi, melaporkan ke Polres atas hilangnya uang sebesar Rp10 juta dan handphone Samsung pada 22 Juli lalu.

“Kosnya dibobol terduga dengan mencongkel jendela saat korban tertidur lelap. Uang dan handphone dibawa pergi,” katanya.

Baca juga: Diduga Lelah Menjaga Air di Sawah, Warga Hilihitintir Tewas di Jalan

Menurutnya, korban baru mengetahui kehilangan uang dan handphone ketika bangun tidur pagi harinya. Setelah mengecek keliling kos, ternyata ada jendela terbuka dan rusak yang menjadi tempat masuknya pencuri ke dalam kos.

Ditanya apakah terduga seorang diri melakukan aksinya, Humas Bagus Suhartono menjelaskan, polisi pasti melakukan pengembangan dalam proses penyelidikan kasus tersebut.

Menurutnya, yang pasti terduga yang saat ini ditangan penyelidik akan diselidiki secara detail dan keterangannya sangat diperlukan guna mengungkapkan kasus tersebut. “Kalau ada bukti keterlibatan yang lain pasti diproses,” katanya.

Warga Resah

Warga Kota Ruteng, Damianus Damin, mengatakan, pencurian memang meresahkan. Karena itu, terduga yang sudah tangkap harus diproses hukum dan dihukum seberat mungkin.

“Kalau tidak, maka setelah bebas dari penjara, yang bersangkutan kembali berulah mencuri barang-barang orang yang diupayakan dengan susah payah,” tuturnya.

Menurut Damin, dirinya tidak tahu apa upaya untuk membebaskan Kota Ruteng dari pencurian. Dirinya berharap pihak Polres Manggarai melakukan patroli malam hari di penjuru kota agar pencuri tidak bebas beraksi.*