Home Sikka Presiden Jokowi Undang Obor Mas Bahas Pemulihan Ekonomi Nasional

Presiden Jokowi Undang Obor Mas Bahas Pemulihan Ekonomi Nasional

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

331
0
SHARE
Presiden Jokowi Undang Obor Mas Bahas Pemulihan Ekonomi Nasional

Keterangan Gambar : Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Andreas M. Mbete


Maumere, Flores Pos — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengundang Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Andreas M. Mbete bersama 19 perwakilan koperasi lainnya dari seluruh Indonesia ke Istana Merdeka untuk percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program relaksasi pinjaman/pembiayaan dana bergulir dan perkuatan permodalan usaha bagi koperasi selama pandemi covid-19 yang akan berlangsung pada Kamis (23/7/2020).

Berita gembira ini disampaikan General Manager (GM) KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering, kepada wartawan di Maumere, Selasa (21/7/2020).

Leonardus mengaku bahwa KSP Kopdit Obor Mas bersama 100 koperasi lainnya dari seluruh Provinsi di Indonesia telah mendapatkan undangan resmi dari Kementrian Koperasi dan UKM RI ke Istana Merdeka dalam rangka membahas percepatan program aksi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yaitu program relaksasi pinjaman/pembiayaan dana bergulir dan perkuatan permodalan usaha bagi koperasi yang akan berlangsung pada Kamis (23/7/2020).

Dalam undangan yang dikeluarkan Kemenkop & UKM RI bernomor T-HM.00.00/302/Und/Dir.3/VII/202O tertanggal 17 Juli 2020, lanjut Leonardus, dicantumkan nama 101 koperasi peserta. Dari 101 koperasi peserta tersebut, dua di antaranya berasal dari Provinsi NTT yakni KSP Kopdit Obor Mas dan Koperasi Jasa TLM Kota Kupang.

Baca juga: Bocah 6 Tahun Asal Waigete Korban Meninggal Ke-16 Kasus DBD di Sikka

“Menanggapi undangan ini, Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas Andreas M. Mbete, didampingi Manajer Cabang Utama Ende, Petrus Rusdi sudah berangkat ke Jakarta pada Selasa (21/7/2020),” kata Leonardus.

Leonardus Frediyanto Moat Lering mengaku bangga karena dari 101 koperasi yang menghadiri acara dimaksud hanya ada 20 koperasi, termasuk KSP Kopdit Obor Mas yang dijadwalkan untuk bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo untuk membahas pemulihan ekonomi nasional.

“Kami sangat bangga karena dari ribuan koperasi yang ada di Indonesia, KSP Kopdit Obor Mas termasuk 1 dari 101 koperasi yang diundang untuk membahas percepatan program aksi Pemulihan Ekonomi Nasional. Dari 101 koperasi yang diundang ini, KSP Kopdit Obor termasuk 1 dari 20 koperasi yang dipercaya untuk bertemu langsung dengan Presiden RI,” kata Leonardus.

Bawa Lima Program Relaksasi

Selaku General Manager (GM) KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus, juga menjelaskan kepada wartawan bahwa menanggapi undangan ke Istana Merdeka itu, KSP Kopdit Obor menawarkan lima opsi relaksasi sebagaimana yang telah dan akan dijalankan oleh KSP Kopdit Obor Mas. Lima opsi relaksasi tersebut dipilih dalam upaya membantu anggota yang terkena dampak covid-19.

Baca juga: Pelaku Perjalanan Asal Waigete Dimakamkan Mengikuti Protokol Covid-19

Lima opsi tersebut meliputi: Pertama, pengurangan angsuran pokok pinjaman. Kedua, pembebasan denda angsuran pinjaman pinjaman. Ketiga, memperpanjang jangka waktu pinjaman. Keempat, penurunan suku bunga pinjaman. Kelima, penambahan modal usaha.

“Opsi keempat dan kelima dari relaksasi ini telah dan akan diterapkan di KSP Kopdit Obor Mas. Opsi keempat dan kelima mulai direalisasikan sejak 21 Juli 2020 di mana pinjaman LPBD diberikan kepada anggota dengan suku bunga 11% flat per tahun atau 0,9% per bulan, dari sebelumnya suku bunga sebesar 21% per tahun atau 1,75% per bulan,” kata Leonardus.