Home Sikka Puting Beliung Robohkan Ruang Kelas MIS Darat Pantai di Kabupaten Sikka

Puting Beliung Robohkan Ruang Kelas MIS Darat Pantai di Kabupaten Sikka

739
0
SHARE
Puting Beliung Robohkan Ruang Kelas MIS Darat Pantai di Kabupaten Sikka

Keterangan Gambar : Inilah kondisi gedung MIS Darat Pantai yang ambruk rata tanah usai diterjang agin puting beliung pada Minggu (5/1/2020).

Maumere, Flores Pos — Angin puting beliung merobohkan 4 ruang kelas MIS Darat Pantai di Kecamatan Talibura, pada Minggu (5/1/2020). Pascabencana ini, para siswa MIS ini mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di teras Masjid Darat Pantai sejak Senin (6/1/2020) hingga ada upaya pembuatan tenda darurat oleh pihak BPBD Kabupaten Sikka.

Demikian dikemukakan Kepala BPBD Kabupaten Sikka, Muhammad Daeng Bakir, kepada media ini di ruang kerjanya, Senin (6/1/2020).

Daeng Bakir menjelaskan bahwa puting beliung itu datang begitu cepat dan langsung merobohkan 4 ruang kelas MIS dimaksud. “Bangunan MIS ini rata tanah karena bangunannya masih darurat, berdinding pelupuh bambu, dan beratap seng,” kata Bakir.

Baca juga: Sikka Peringkat Satu Kabupaten Risiko Bencana di NTT

Daeng Bakir menambahkan, pihaknya telah menugaskan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Sikka, Bakri Kari, untuk memantau kondisi MIS yang rusak serta menjajaki untuk melakukan upaya emergensi membangun dua tenda darurat untuk dijadikan ruang kelas sementara, dan upaya bantuan logistik.

“BPBD segera akan membangun dua tenda darurat untuk dijadikan ruang kelas bagi para siswa MIS setempat. Pembangunan tenda darurat akan dilakukan secepatnya, pekan ini,” kata Bakir.

Polres Sikka Lakukan Koordinasi

Sementara itu, Kapolres Sikka, AKBP Rickson Situmorang, dalam press release yang diterima media ini, Senin (6/1/2020), mengemukakan bahwa Satgas Bencana Alam Polres Sikka yang dipimpin Kanit Dikyasa Salantas Polres Sikka, Ipda Mohammad Ikhsan melakukan koordinasi dengan Kantor Kemenag Kabupaten Sikka dan Kepala BPBD Sikka, Muhammad Daeng Bakir, terkait Sekolah MIS Darat Pantai yang bangunannya roboh akibat diterjang puting beliung, pada Minggu (5/1/2020) pukul 03.00 Wita.

Baca juga: Kejari Maumere Siap Lakukan Pulbaket atas Pembangunan Puskesmas Waigete

Hasil koordinasi dengan dua instansi itu, lanjut Kapolres, antara lain mengemuka bahwa pejabat atau staf dari dua instansi itu sudah berangkat ke lokasi bangunan MIS yang ambruk itu untuk melihat dari dekat kondisinya, dan mencari solusi agar kegiatan KBM di MIS ini dapat berjalan.

“Informasi terbaru yang masuk di Kantor Kemenag Sikka diperoleh dari Camat Talibura di mana untuk KBM sementara memakai teras masjid, dan SDK Darat Pantai juga menawarkan sebuah bangunan untuk kegiatan KBM, namun masih menunggu musyawarah para orang tua siswa MIS Darat Pantai,” kata Kapolres Rickson.

Sementara itu, hasil koordinasi dengan Kepala BPBD Kabupaten Sikka, Muhammad Daeng Bakir, lanjut Kapolres, terungkap bahwa petugas dari instansi tersebut sudah mengecek ke lapangan untuk memastikan distribusi bantuan yang siap disalurkan.

“BPBD juga sudah menyiapkan dua tenda untuk didistribusikan ke MIS Darat Pantai,” kata Kapolres Rickson.

Penulis: Wall Abulat
Editor: Avent Saur