Home Ende Rakyat Minta DPRD Ende Tingkatkan Kinerja dan Menjadi Mitra Yang Berkulitas

Rakyat Minta DPRD Ende Tingkatkan Kinerja dan Menjadi Mitra Yang Berkulitas

Penulis: Willy Aran / Editor: Elton Wada

971
0
SHARE
Rakyat Minta DPRD Ende Tingkatkan Kinerja dan Menjadi Mitra Yang Berkulitas

Keterangan Gambar : Kantor DPRD Kabupaten Ende


Ende, Flores Pos — Pemimpin dan anggota DPRD Kabupaten Ende periode 2019-2024 yang dilantik pada 27 Agustus 2019 lalu, pada Kamis (27/8/2020) genap satu tahun mengabdi sebagai wakil rakyat dan menjadi jembatan aspirasi rakyat. Namun rakyat menilai bahwa dalam waktu satu tahun, DPRD Ende belum maksimal menjalankan tugas dan fungsinya. Meski demikian rakyat masih menaruh harapan besar kepada 30 orang wakilnya ini menjadi mitra yang berkualitas demi rakyat dan pembangunan di daerah ini.

Dosen STPM St Ursula, Elias Cima yang diminta tanggapannya terkait kinerja DPRD periode 2019 -2024 dalam waktu satu tahun ini, Kamis (27/8/2020) mengatakan bahwa anggota DPRD itu adalah wakil rakyat maka harus fokus bekerja untuk rakyat. Dikatakanya bahwa kerja yang dimaksud itu yaitu kerja konsep dan visi yang sama yakni menjalankan fungsi sebagai wakil rakyat secara profesional.

Elias mengatakan bahwa sesuai fakta yang terjadi saat ini, banyak program pembangunan di daerah ini tidak terlaksana dengan kualitas yang baik tetapi DPRD hanya diam saja. Ia pun mengharapkan agar wakil rakyat tetap maksimal menjalankan amanah rakyat dan memahami esensi sebagai wakil rakyat. Jika saat ini para legislator ini sudah mulai berkerja untuk kepentingan politiknya pada periode berikut maka partai yang menjadi kendaraannya dan mengantarnya duduk di gedung wakil rakyat harus mengevaluasi hal tersebut. Jika tidak sesuai maka harus ditarik.

"DPRD itu wakil rakyat jadi fokus kerja untuk rakyat, kerja dengan konsep dan visi yang sama untuk rakyat. Program pembangunan yang tidak terlaksana dengan kualitas baik tetapi DPRD hanya banyak diam atau semacam ompong. Banyak kasus hukum yang semakin hilang. Kalau sudah mulai kerja untuk politik berikutnya maka partai mesti mengevaluasi dan ditarik ke induknya," kata Elias.

Jadi Mitra Yang Berkualitas Untuk Rakyat

Ketua AMAN Nusa Bunga, Philipus Kami mengapresiasi ke-30 wakil rakyat Ende yang telah menjalankan tugas selama satu tahun ini. Dikatakannya bahwa sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dengan tiga tugas pokoknya yaitu kewenangan kontrol, kewenangan anggaran dan juga kewenangan pembentukan peraturan daerah maka diharapkan kewenangan yang ada mesti sungguh menjadi mitra yang baik dan berkualitas dalam mengejawantahkan aspirasi rakyat. Aspirasi rakyat itu mesti diperjuangkan ke dalam perencanaan daerah baik tahunan maupun jangka menengah dan panjang.

"Karena mereka dipilih oleh rakyat maka kewenangan yang dimiliki itu menjadi jembatan aspirasi rakyat untuk mendapatkan kedaulatan di berbagai sektor kehidupan," katanya.

Baca juga: Kunker di Ende, Anggota DPD RI AWK Dorong Petani Tingkatkan Produktivitas

Mantan anggota DPRD Ende 2 periode ini juga mengatakan bahwa dengan situasi seperti sekarang ini yaitu pandemi covid-19 yang trennya masih naik secara nasional, akan sangat berpengaruh terhadap kebijakan politik anggaran. DPRD sebagai lembaga yang memiliki kewenangan diharapkan menjadi mitra yang kritis guna mendorong pemerintah agar benar-benar mengambil kebijakan yang menyentuh kebutuh masyarakat kecil.

"Sebagai mitra yang baik tentu akan tetap kritis terhadap berbagai kebijakan pro rakyat serta hindari perencanaan yang memberi kesan hanya menghambur-hambur anggaran yang tidak menjawab kebutuhan mendesak saat ini," katanya.

Dalam menghadapi pandemi covid- 19, Lanjut Lipus Kami, tentu anggota DPRD terhormat terkuras pikirannya tidak hanya pada penanganan covid-19 tetapi juga berbagai situasi ekonomi masyarakat. Dengan situasi seperti sekarang ini tentu butuh kerja ekstra dan konstribusi pikiran dari wakil rakyat agar aspek ekonomi di daerah tidak terpuruk.

Momen Refleksi

Wakil ketua DPRD Ende, Emanuel Erikos Rede mengatakan bahwa pada tahun pertama di periode 2019-2024, lembaga DPRD Ende telah melewati beberapa pencapaian yang dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai jembatan aspirasi rakyat. Namun, kata wakil ketua DPRD Ende dari Partai Nasdem bahwa ada beberapa hal yang belum maksimal dalam peran sebagai mitra pèmerintah dalam menjalankan fungsi kontrol sesuai regulasi.

Erik menambahkan bahwa momen satu tahun masa pengabdian ini menjadi momen refleksi dan evaluasi diri dan refleksi kelembagaan yang berpijak pada tugas pokok dan fungsi sesuai regulasi. Satu tahun ini juga mesti menjadi kesempatan untuk mempertajam diri dan mengasah kemampuan intelektual dalam mengabdi dan membangun kemitraan sebagai unsur pemerintahan di daerah ini.

"Dalam satu tahun periode ini beberapa pencapaian telah kita lakukan walaupun belum maksimal. Kita akan terus mempertajam diri dan melakukan evaluasi secara kelembagaan agar menjalankan tugas dan fungsi lebih khusus mengontrol kinerja pemerintah untuk kepentingan rakyat. Kami juga mengharapkan dukungan dan doa dari masyarakat dalam menjalankan tugas sebagai jembatan aspirasi rakyat di daerah ini," katanya.