Home Ende Satu Dusun di Numba Akan Diisolasi, Pemerintah Siap Salurkan Logistik

Satu Dusun di Numba Akan Diisolasi, Pemerintah Siap Salurkan Logistik

Penulis: Willy Aran / Editor: Anton Harus

463
0
SHARE
Satu Dusun di Numba Akan Diisolasi, Pemerintah Siap Salurkan Logistik

Keterangan Gambar : Bupati Ende, Djafar Achmad

 


Ende, Flores Pos — Kabupaten Ende saat ini memiliki 6 kasus terkonfirmasi positif covid-19, yang tersebar di tiga kecamatan yaitu Nangapanda, Ende Selatan dan Ende Timur. 4 dari 6 pasien positif covid-19 tersebut berasal dari Numba Kecamatan Nangapanda.

Untuk mencegah terjadinya penularan atau transmisi lokal covid-19, pemerintah melalui gugus tugas pencegahan dan percepatan penanganan covid-19 di Ende langsung merespon dan mengambil tindakan dengan berrencana akan mengisolasi satu dusun di Numba, Kecamatan Nangapanda.

Baca jugaPasien 01 Ende Berkontak Erat dengan 23 Orang di Nangapanda

Bupati Ende, Djafar Achmad yang juga ketua gugus tugas Kabupaten Ende kepada wartawan di posko gugus tugas, Jumat (22/5/2020) siang mengatakan bahwa pemerintah berrencana akan mengisolasi satu dusun di Numba.

Bupati juga menegaskan bahwa setelah melakukan kebijakan isolasi, pemerintah juga akan membuka posko di desa itu dan menyalurkan logistik untuk warga.

"Kita akan salurkan logistik dan buka posko di sana. Kebijakan ini dilakukan karena Ende sudah zona merah. Tindakan ini juga dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di Ende," kata bupati.

Baca juga:  Lima Panti Asuhan di Ende Terima Bantuan Sembako

Bupati Ende juga mengatakan bahwa dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh gugus tugas terhadap warga yang kontak erat dengan pasien positif covid-19, ada 16 orang yang reaktif setelah diperiksa dengan rapid tes. Warga yang reaktif rapid tes tersebut langsung dievakuasi dan menjalani karantina terpusat di Rujab Bupati Ende.

"Rencana akan mengisolasi satu dusun di Numba itu juga dilakukan berdasarkan hasil tracing yang dilakukan, ada 16 warga yang reaktif. Kita tutup dulu wilayah itu agar tidak terjadi penyebaran lokal," kata bupati.*