Home Ngada Songsong Pilkada, Kapolda NTT Mengunjungi Ngada

Songsong Pilkada, Kapolda NTT Mengunjungi Ngada

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Elton Wada

452
0
SHARE
Songsong Pilkada, Kapolda NTT Mengunjungi Ngada

Keterangan Gambar : Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum didampingi Ketua KPU Kabupaten Ngada Stanislaus Neke, Ketua Bawaslu Kabupaten Ngada Sebastianus Fernandez, dan Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K., M.I.K saat berada di kantor KPU Kabupaten Ngada


Bajawa, Flores Pos — Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum didampingi Ketua Bhayangkari Nusa Tenggara Timur Ny. Evi Lotharia Latifm melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ngada, dalam rangka memantau persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Bersama rombongan, Kapolda NTT tiba di Bandara Turelelo So'a, Kabupaten Ngada, Kamis (17/09/20) menggunaka Pesawat Cassa 212 milik Polri. Saat tiba, rombongan dijemput Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K., M.I.K bersama Ketua Bhayangkari Cabang Ngada Ny. Tania Rio Cahyowidi dan seluruh Perwira Polres Ngada.

Didampingi Karo Ops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjadja, S.H, Dir Binmas Polda NTT Kombes Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo dan Dir Intelkam Polda NTT Kombes Pol. Joudi A. Mayloor, S.I.K., Kapolda NTT bertandang ke Polres Ngada lalu menuju Kantor KPU Ngada guna memberikan semangat kepada Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Ngada dalam rangka kegiatan Pilkada Ngada 9 Desember 2020 mendatang.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Ketua KPU Kabupaten Ngada Stanislaus Neke dalam sapaan pembukaannya mengatakan bahwa KPU Ngada selama ini menjalin kemitraan bersama Polri secara khusus yang berada di jajaran Polres Ngada.

Setiap kali Pemilu, hubungan intim Polri dan TNI tetap terjalin baik terutama dalam menjaga keamanan sehingga KPU Kabupaten Ngada pada Pemilu 2014 dan 2019 memperoleh predikat sebagai penyelenggara berintegritas terbaik.

"Untuk Pilkada ini koordinasi juga terjalin baik terutama pelaksanaan Pilkada dalam suasana pandemi covid-19," katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngada Sebastianus Fernandez pada kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa Bawaslu Kabupaten Ngada secara maksimal telah melaksanakan kegiatan bersama termasuk melibatkan Polri dalam hal ini Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Baca juga: Salah Satu Bapaslon di Ngada Positif Covid-19: Ini Penjelasan Gugus Tugas Covid-19

KPU sebagai penyelenggara teknis maupun Bawaslu sebagai penyelenggara pengawasan juga terus melakukan tugas masing-masing untuk menyukseskan kegiatan Pemilihan Umum Kepala Daerah. Kehadiran Kapolda NTT juga menjadi kekuatan bagi KPU dan Bawaslu dalam menjalankan tugasnya menyukseskan Pemilukada di Kabupaten Ngada pada 9 Desember 2020.

Sementara itu Kapolda NTT Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum dalam arahannya mengatakan bahwa ada 9 Kabupaten di NTT yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Semua kabupaten itu, katanya, juga dikunjungi juga.

Dijelaskan pula bahwa beberapa hari yang lalu saat mengikuti video conference yang diselenggarakan oleh Menko Polhukam, hampir seluruh kementerian dan lembaga terkait, Ketua KPU, dan Bawaslu, telah diberikan arahan, rencana, serta langkah ke depan dalam kaitan dengan Pilkada serentak.

Kehadirannya memang ingin melihat kesiapan masing-masing personil, perlengkapan yang mereka gunakan serta secara khusus bertemu dengan anggota KPU dan Bawaslu Kabupaten. KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawas diharapkan dapat melaksanakan tugas sesuai aturan yang ada dan bersinergi bersama TNI-Polri.

"Mari kita pertahankan dan kita jaga dengan baik kondisi ini. Kita laksanakan dengan konsisten dengan komitmen yang jelas sesuai peraturan perundangan yang berlaku," katanya.

Masyarakat Kabupaten Ngada, seperti diungkapkan Basti Fernandez, adalah masyarakat yang baik apabila pendekatan yang dibuat menyentuh hati mereka.

Hal yang juga penting adalah setiap pelaksanaan tahapan Pilkada harus tetap dan komit mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid-19.