Home Ende TBM RKSN Pulau Ende Bantu Siswa Belajar dari Rumah

TBM RKSN Pulau Ende Bantu Siswa Belajar dari Rumah

Penulis: Willy Aran / Editor: Elton Wada

394
0
SHARE
TBM RKSN Pulau Ende Bantu Siswa Belajar dari Rumah

Keterangan Gambar : TBM RKSN mendampingi anak-anak belajar di rumah


Ende, Flores Pos — Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Kreatif Sahabat Nusantara di Kecamatan Pulau Ende terus menggalakkan kegiatan literasi di tengah merebaknya covid-19. Selain melaksanakan kegiatan yang bersifat edukatif kepada masyarakat untuk membantu melakukan pencegahan covid-19, TBM juga turun ke rumah warga, membantu mendampingi siswa belajar dari rumah.

Pengelola TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara, Hifni Djafar kepada Flores Pos, Sabtu (22/8/2020) siang mengatakan bahwa aksi yang dilakukan tersebut bertujuan agar semangat literasi tetap digelorakan meskipun di tengah pandemi covid-19. Hifni mengatakan bahwa tim dari TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara turun ke rumah warga membantu dan mendampingi siswa belajar dari rumah. Ia pun mengatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk kepedulian untuk membantu siswa dan sekolah agar kegiatan belajar siswa tetap dilaksanakan.

"Kami turun membantu dan mendampingi siswa belajar dari rumah serta menyiapkan perangkat TIK berupa komputer dan peralatan lainnya untuk para siswa SMAN Pulau Ende agar melakukan pembelajaran online dengan para gurunya. Jadi sampai hari ini TBM RKSN juga jadi titik pembelajaran jarak jauh bagi para siswa di sekitar TBM RKSN," katanya.

Selain itu, katanya, TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara juga membantu memberikan pemahaman kepada siswa dan warga tentang virus corona dan cara untuk melakukan pencegahan di lingkungan masing-masing. Dalam sosialisasi itu tim TBM RKSN membagikan poster dan masker kepada warga.

Baca juga: Balai Sungai dan FMPSW Berencana Manfaatkan Sungai Wolowona Jadi Objek Wisata

"Kita pernah melakukan home learning di Desa Ndoriwoy dan Desa Rendoraterua ke rumah warga tentang pengenalan cara mencegah virus corona dengan membagikan poster-poster dan masker kepada warga," katanya.

Hifni menambahkan bahwa aksi yang dilakukan tersebut mendapatkan tanggapan positif dari warga dan sekolah. Karena dalam kegiatan tersebut tim TBM juga mengajarkan dan memberikan edukasi tentang protap new normal kepada warga.

"Kegiatan ini tetap diatur menjaga jarak satu sama lain. Semoga kegiatan ini dapat memberikan edukasi buat mereka dan semangat literasi tetap hidup di masyarakat," katanya.

Apresiasi TBM RKSN

Salah seorang warga, Ahmad Yusuf mengatakan bahwa TBM RKSN telah memberikan kontribusi nyata baik sebelum covid-19 maupun saat pandemi covid-19. Ia pun melanjutkan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan oleh TBM RKSN di wilayah kecamatan tersebut merupakan satu gerakan membangun kesadaran masyarakat pada dunia pendidikan apalagi di tengah pandemi covid-19.

"Kita memberikan apresiasi kepada TBM RKSN yang terus memberikan kontribusi nyata di masyarakat dalam dunia pendidikan dan literasi. Kita harapkan kegiatan ini tetap hidup di tengah pandemi covid-19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan," katanya.