Home Ende Tidak Pakai Masker, Warga Ende Dihukum Bersihkan Parit dan Push-up

Tidak Pakai Masker, Warga Ende Dihukum Bersihkan Parit dan Push-up

Penulis: Willy Aran / Editor: Elton Wada

2,277
0
SHARE
Tidak Pakai Masker, Warga Ende Dihukum Bersihkan Parit dan Push-up

Keterangan Gambar : Petugas memberikan pembinaan kepada warga yang tidak menggunakan masker pada Rabu (16/9/2020). (foto: willy aran)


Ende, Flores Pos — Tim gabungan dari pemerintah, TNI, dan Polri melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan di Kota Ende. Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap meningkatnya kasus covid-19 di Kabupaten Ende dalam beberapa hari belakangan.

Dalam operasi penegakan disiplin protokol kesehatan tersebut, warga yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah diberikan sanksi sosial berupa pembinaan berdasarkan Perbup Nomor 31 Tahun 2020.

Sesuai pantauan media ini selama dua hari, Selasa-Rabu (15-16/9/2020) siang, tim penegakan disiplin melakukan operasi penertiban di beberapa ruas jalan dalam Kota Ende. Warga Kota Ende yang tidak menggunakan masker diberikan pembinaan membersihkan parit, push-up, dan membersihkan toilet di fasilitas umum.

Penanggung jawab penegakan disiplin protokol kesehatan yang juga Kasat Pol PP Ende, Abraham Badu, mengatakan, tindakan ini dilakukan karena saat ini warga Ende belum mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat keluar rumah.

Selain itu, lanjutnya, hal ini juga dilakukan mengingat saat ini angka kasus positif covid-19 di Kabupaten Ende meningkat drastis.

Baca juga: Kepala BPS Ende: Petugas Sensus Dilengkapi APD dan Sudah Menjalani Rapid Test

Dikatakannya juga bahwa jika ada warga yang tidak menggunakan masker, maka akan diberikan sanksi seperti membersihkan parit, membersihkan toilet di fasilitas umum, dan melakukan push-up. Selain memberikan pembinaan, tim juga terus memberikan sosialiasi kepada masyarakat.

"Siapa saja yang tidak gunakan masker baik pejabat maupun masyarakat, tim berikan tindakan. Semua sanksi itu sudah diatur dalam Perbup Nomor 31 Tahun 2020. Mari kita bersama-sama lakukan pencegahan dan pengendalian covid-19 di Kabupaten Ende dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Ende, Selasa (15/9/2020) sore, kasus covid-19 di Ende sudah mencapai 79 kasus. Dari total kasus tersebut, 19 orang sudah dinyatakan sembuh dan 60 orang masih dalam penanganan.*