Home Sikka Tim Gabungan Edukasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di 5 Lokasi Hiburan di Kota Maumere

Tim Gabungan Edukasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di 5 Lokasi Hiburan di Kota Maumere

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

315
0
SHARE
Tim Gabungan Edukasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di 5 Lokasi Hiburan di Kota Maumere

Keterangan Gambar : Tim Gabungan yang dipimpin Kasat Pol PP Sikka Adeodatus Buang da Cunha menyambangi salah satu tempat hiburan di Kota Maumere, Jumat (18/9/2020) malam.


Maumere, Flores Pos — Tim gabungan TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sikka menggelar edukasi pendisiplinan protokol kesehatan di lima lokasi/tempat hiburan malam (pub) di Kota Maumere, Jumat (18/9/2020) malam.

Lima lokasi hiburan yang menjadi sasaran edukasi tersebut, 4 di antaranya berada di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok yakni Bintang Pub, Shasary Pub, 999 Pub, dan 777 Pub. Sedangkan satu tempat hiburan lainnya berlokasi di Kelurahan Wailiti yakni Royal DC Pub.

Operasi gabungan ini bertujuan untuk menyosialisasikan serta mengedukasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Sikka Nomor 28 Tahun 2020 terkait protokol kesehatan.

Sesuai pantauan Flores Pos, sebelum turun ke lima tempat hiburan, personel gabungan menggelar apel pengecekan kekuatan personel patroli gabungan TNI/Polri dan Satpol PP Kabupaten Sikka yang langsung dipimpin Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Adeodatus Buang da Cunha di Kantor Satpol PP Maumere, Jumat (18/9/2020) pukul 21.35 Wita.

Turut hadir dalam apel ini Komandan Detasemen Polisi Militer (PM) TNI AL, Mayor. PM. Edi Wibowo dan Kaperland TNI-AU, Letda. TEK. Yepi Effendi.

Kasat Pol PP Adeodatus Buang da Cunha dalam arahannya pada kesempatan ini antara lain menggarisbawahi pentingnya pelaksanaan patroli gabungan pada tempat-tempat hiburan malam (pub) dalam upaya menyosialisasikan serta memberikan edukasi tentang Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Sikka Nomor 28 Tahun 2020.

Operasi yang digelar bertujuan untuk memberikan edukasi secara humanis baik kepada pemilik pub maupun kepada para pengguna dan pengunjung pub untuk menerapkan 4 M yakni mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

Baca juga: Bupati Sikka: 22 Kebijakan Strategis Sukseskan Pelaksanaan KBM di Sekolah Selama New Normal

Usai apel dilanjutkan dengan operasi Yustisi dan pendisiplinan protokol kesehatan. Operasi ini melibatkan 6 personel Kodim 1603/Sikka; 3 anggota personel Lanal Maumere; 1 personel anggota TNI AU; 4 personel anggota Yon B Pelopor Brimob Maumere; 5 personel anggota Polres Sikka; dan 11 personel anggota Sat. Pol. PP. Kabupaten Sikka.

Sosialisasi dan Edukasi

Di hadapan para penghuni pub, tim gabungan menyampaikan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan covid-19 seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Tim Gabungan juga memberikan sosialisasi tentang Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Perbup Nomor 28 Tahun 2020 yang mengimbau pentingnya pemilik pub untuk menyediakan alat pengukur suhu tubuh badan (thermogun) serta tempat mencuci tangan yang ditempatkan pada pintu masuk pub dan yang digunakan oleh pengunjung atau tamu; serta pentingnya memasang peringatan berupa tulisan di depan pintu masuk pub agar pengunjung atau tamu wajib mengenakan masker.

Tim gabungan juga memberi tanda jaga jarak berupa tanda silang atau lainnya pada tempat duduk pub; dan segenap wanita penghibur atau ladies wajib menggunakan masker saat melayani pengunjung atau tamu yang datang; dan mengecek wanita penghibur atau ladies yang baru tiba di pub tersebut. Apabila ladies tersebut berasal dari daerah zona merah atau hitam, ia mesti segera melaporkan diri.

“Apabila ada yang sakit menyerupai gejala covid-19, wanita penghibur atau ladies untuk sesegera mungkin melaporkan diri ke petugas,” kata Kasat Pol PP Buang da Cunha.