Home Ende Tim Gabungan Terus Lakukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Ende

Tim Gabungan Terus Lakukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Ende

Penulis: Willy Aran / Editor: Elton Wada

536
0
SHARE
Tim Gabungan Terus Lakukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Ende

Keterangan Gambar : Tim gabungan melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan di simpang lima kota Ende, Jumat (18/9/2020).


Ende, Flores Pos — Tim gabungan dari pemerintah, TNI, dan Polri serta instansi terkait lainnya terus melakukan operasi penertiban penegakan disiplin protokol kesehatan dan imbauan kepada warga di lapangan. Operasi ini dilakukan mengingat angka covid-19 di kabupaten Ende terus meningkat.

Penanggung jawab penegakan disiplin protokol kesehatan yang juga kasat Pol PP Ende, Abraham Badu kepada wartawan, Jumat (18/9/2020) siang mengatakan bahwa operasi penegakan disiplin protokol kesehatan di lapangan terus dilakukan oleh tim gabungan. Dikatakanya bahwa warga yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah akan diberikan sanksi sesuai Perbup Nomor 31 Tahun 2020.

"Sanksi yang diberikan bagi warga yang melanggar itu seperti bersihkan parit, bersihkan toilet di fasilitas umum, dan push-up," katanya.

Selain itu Abraham Badu pun mengatakan bahwa dari hasil evaluasi, operasi penegakan disiplin dengan sanksi yang diberikan itu berdampak positif karena angka pelanggaran dari hari ke hari semakin menurun. Abraham mengharapkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan untuk melakukan pencegahan dan pengendalian covid-19 secara bersama di daerah ini.

Baca juga: Tidak Pakai Masker, Warga Ende Dihukum Bersihkan Parit dan Push-up

Sementara terkait pesta yang masih dilakukan warga, Abraham Badu meminta agar kegiatan pesta itu tetap mematuhi atau mengikuti protokol kesehatan. Menurutnya kegiatan atau acara seperti ini mesti dilaksanakan di rumah dan membatasi orang yang datang. Tim penegakan disiplin protokol kesehatan juga meminta masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu yang berdampak negatif dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Operasi Sepanjang Hari

Toko agama, Romo Reginald Piperno, Pr yang dimintai komentarnya terkait aksi penertiban ini mengatakan bahwa penegakan disiplin yang dilakukan sudah terlambat saat angka covid-19 di Ende sudah meningkat. Romo Perno juga menyoroti operasi yang dilakukan hanya setengah hari dan meminta operasi penegakan disiplin ini harus dilakukan hingga malam hari.

"Mengapa baru sekarang dilakukan penertiban. Kita harus akui bahwa selama ini yang sangat ketat soal protokoler kesehatan hanya di rumah-rumah ibadat, tetapi di pasar, di kantor, tempat rekreasi, siapa yg harus tertibkan? Virus itu bukan hanya pagi sampai jam 12 siang tetapi sepanjang hari dan malam. Pagi sampai siang ada penertiban, lalu sore sampai malam siapa yang tertibkan," kata Romo Perno.

Romo Perno meminta agar penertiban atau penegakan disiplin jangan dilakukan hanya setengah hari tetapi sepanjang hari. Penegakan disiplin itu benar-benar mengikuti panduan sesuai protokol kesehatan.