Home Sikka Usai Menenggak Miras di Kota Uneng, Pelaku Menganiaya Rekan Minumnya Hingga Tewas

Usai Menenggak Miras di Kota Uneng, Pelaku Menganiaya Rekan Minumnya Hingga Tewas

Penulis: Wall Abulat / Editor: Elton Wada

736
0
SHARE
Usai Menenggak Miras di Kota Uneng, Pelaku Menganiaya Rekan Minumnya Hingga Tewas

Keterangan Gambar : Kasubag Humas Polres Sikka AKP Petrus Kanisius


Maumere, Flores Pos — Polres Sikka, Sabtu (5/9/2020) menangangi kasus penganiayaan yang dilakukan salah seorang warga Kabor C II, RT 004/RW 001, Kelurahan Kabor, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka berinisial KR alias Riski alias Jo (23 tahun) terhadap korban bernama Paulus Lambertus Ronal Mangikung (21 tahun) warga Pasar Senja Kabor, RT 003/RW 001, Kelurahan Kabor, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka pada Jumat (4/9/2020) malam pukul 21.30 Wita. Korban meninggal dunia sebelum tiba di RSUD beberapa waktu setelah kejadian.

Kasus penganiayaan ini dilakukan pelaku setelah ia bersama korban dan dua teman mereka menenggak minuman keras (miras) atau moke dalam Bahasa Sikka di salah satu rumah warga di lorong BRI Pahlawan, Kelurahan Kota Uneng, Kabupaten Sikka. Demikian rilis yang dikeluarkan Kapolres Sikka AKBP Sajimin melalui Kasubag Humas Polres Sikka, AKP Petrus Kanisius, Sabtu (5/9/2020).

AKP Petrus Kanisius menjelaskan bahwa kasus ini diketahui Polres Sikka setelah salah seorang warga atas nama Heribertus Lamawuran (40 tahun) warga Adonara Timur yang beralamat di Kampung Kabor, RT 003/RW 001, Kelurahan Kabor, Kabupaten Sikka melaporkan kejadian Pidana Penganiayaan yang menyebabkan orang meninggal itu ke Polres Sikka di Mapolres Sikka, Jumat malam.

“Pada Jumat (4/9/2020), seorang laki-laki atas nama Heribertus Lamawuran melaporkan Tindak Pidana Penganiayaan yang menyebabkan orang meninggal ke Mapolres Sikka,” kata AKP Petrus Kanisius.

Kronologi

Kasubag Humas Polres Sikka AKP Petrus Kanisius menjelaskan kronologi kejadian tersebut bahwa pada Jumat (4/9/2020) sekitar pukul 21.30 Wita, bertempat di Kabor C II, RT 004/RW 001, Kelurahan Kabor, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka telah terjadi tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan orang meninggal.

Baca juga: Dana BLT Wolodhesa Rp161 Juta Dicuri: Polisi Gencar Melacak Keberadaan Maling

“Kejadian tersebut berawal dari sekitar pukul 20.00 Wita di mana korban bersama saudara terlapor dan kedua orang saksi minum minuman keras (moke) di rumah milik saudara Octavianus Temu alias Cecep yang beralamat di lorong BRI Pahlawan, Kelurahan Kota Uneng, Kabupaten Sikka. Setelah selesai minum miras (moke), korban bersama kedua orang saksi dan terlapor pulang ke rumah mereka yang terletak di Kampung Kabor C II dengan menggunakan sepeda motor yang dikendarai oleh saksi atas nama Aloysius Yacob Primus da Cunha,” kata AKP Petrus Kanisius.

Setibanya di Kampung Kabor tepatnya di lorong Varanus, lanjut AKP Petrus Kanisius, korban bersama terlapor dan saksi atas nama Yanuarius Charvalo Dejong turun dari motor.

“Setelah itu korban, pelaku dan saksi langsung menuju ke rumah masing-masing. Pada saat di jalan korban dan terlapor sempat bercanda sambil saling pukul. Setibanya di rumah terlapor, korban dan terlapor duduk di atas kubur, setelah itu mereka berdua bersitegang dan akhirnya keduanya saling tarik menarik sampai keduanya terjatuh dari atas kubur. Pada saat jatuh terlapor langsung mengapit kepala korban dan memukul wajah korban beberapa kali. Selanjutnya ibu dari terlapor menarik terlapor, namun korban sudah tidak berdaya,” tutur Kasubag Humas Polres Sikka.

Setelah itu, urai Petrus Kanisius, korban dibawa ke rumah sakit umum TC. Hilers Maumere.

“Saat tiba di Rumah Sakit Maumere, korban dinyatakan sudah meninggal dunia oleh dokter jaga yang bertugas. Atas kejadian tersebut pelapor datang melapor ke SPKT Polres Sikka guna proses selanjutnya,” katanya

Tindakan Kepolisian

Kasubag Humas AKP Petrus Kanisius menjelaskan beberapa tindakan yang dilakukan polisi menyikapi kasus penganiayaan ini, di antaranya: menerima laporan; meneliti semua keterangan saksi; mencatat identitas saksi, korban, dan terlapor; mendatangi TKP; membuat laporan polisi; dan membuat Visum Et Repertum.