Home Manggarai Wabup Madur Minta ASN Jaga Netralitas Pilkada Manggarai

Wabup Madur Minta ASN Jaga Netralitas Pilkada Manggarai

39
0
SHARE
Wabup Madur Minta ASN Jaga Netralitas Pilkada Manggarai

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur

Ruteng, Flores Pos — Aparatur sipil negara (ASN) dalam segala jenjang harus menjaga netralitas dalam seluruh proses suksesi pemilihan kepala daerah. Netralitas itu bukan kemauan bupati atau wakil bupati, melainkan perintah undang-undang di negeri ini.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur ketika berbicara di hadapan para pejabat eselon tiga yang dilantik di Kantor Bupati Manggarai, Jumat (3/1/2020). Wabup Viktor melantik 56 pejabat dari 72 pejabat yang masuk pergeseran, mutasi, dan promosi pada awal tahun 2020 ini.

Baca juga: Dinilai Tindak Pidana Pemilu Terbaik, Gakkumdu Manggarai Terima Penghargaan

Wabup Viktor Madur mengatakan, semua agenda pembangunan pada tahun 2020 akan berjalan bersamaan dengan agenda penting lainnya di daerah ini, yakni Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Agenda Pilkada yang sangat penting dan sudah pasti menyita perhatian semua, termasuk ASN. Dalam konteks itu, ASN telah memiliki aturan sendiri, yakni harus netral.

"Saya ingatkan semua ASN, termasuk para pejabat yang dilantik saat ini untuk jaga netralitas. Aturan itu tidak dibuat bupati atau wakil, tetapi perintah undang-undang untuk kita semua. Saya perlu sampaikan ini agar tidak salah langkah," katanya.

Dikatakannya bahwa agenda politik seperti ini tanpa disadari akan sedikit banyak berpengaruh pada kualitas kinerja aparatur sipil negara.

Meski undang-undang telah mengatur tentang kerangka sikap ASN dalam politik (yakni harus senantiasa menjaga netralitas), tetapi mesti ujur mengakui bahwa hal-hal seperti perbedaan pilihan dan sikap politik, bukan tidak mungkin menimbulkan gesekan-gesekan.

Karena itu, lanjutnya, para pejabat harus mampu dalam mengelola dan mengendalikan potensi gesekan-gesekan tersebut.

Menurutnya, agenda politik lima tahunan ini diharapkan berjalan lancar dan sukses. Agenda itu diharapkan tetap berjalan dalam kerangka besar pembangunan daerah Manggarai yang telah tertuang dalam RPJMD. Dan hal itu tidak boleh terhambat demi pembangunan dan kemajuan masyarakat Manggarai.

Menurut Wabup Viktor, semua pihak harus mendukung sesuai dengan porsi dan tugas masing-masing. Pilkada tidak boleh menghambat pelaksanaan program pembangunan tahun ini. Untuk itu, semua ASN diharapkan bekerja dan melaksanakan tugasnya secara baik dengan prinsip kerja keras dan kerja bersama-sama dalam kerangka fokus, terukur, dan tuntas.

Peringatan dari Bawaslu

Sebelumnya, Bawaslu Manggarai melalu salah satu Komisionernya, Hery Harun, mengatakan, peringatan untuk menjaga netralitas telah disampaikan kepada Pemkab Manggarai beberapa waktu lalu dan terbaru berupa surat kepada Bupati Manggarai untuk tidak melantik atau mengganti para pejabat dalam kurun waktu enam bulan hingga Pillkada, September nanti. Peringatan tersebut perlu disampaikan atas perintah undang-undang agar dilakaanakan.

Baca juga: Bawaslu Minta Bupati Tidak Mutasikan Pejabat Jelang Akhir Masa Jabatan

"Kita telah layangkan surat ke Pemkab untuk itu. Kalau langgar, itu sudah pasti ada risiko-risiko administratif dan hukum. Kita ingatkan ini dari awal," katanya.

Penulis: Christo Lawudin
Editor: Avent Saur