Home Manggarai Barat Warga Desak Pemerintah Daerah dan Pusat Tuntaskan Proyek Jalur Pantura Flores Barat

Warga Desak Pemerintah Daerah dan Pusat Tuntaskan Proyek Jalur Pantura Flores Barat

39
0
SHARE
Warga Desak Pemerintah Daerah dan Pusat Tuntaskan Proyek Jalur Pantura Flores Barat

Keterangan Gambar : Jalan di Manggarai Barat, Pulau Flores.

Labuan Bajo, Flores Pos — Warga Desa Raba, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Stanis Kani, mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar dan Pemerintah Pusat (Pempus) segera menuntaskan proyek pembangunan jalan pantai utara (Pantura) Flores di wilayah Mabar, dari Labuan Bajo hingga perbatasan Kabupaten Manggarai.

Stanis Kani menyampaikan itu kepada Flores Pos di Labuan Bajo per telepon dari Raba, Macang Pacar, Senin (3/2/2020). Jalur Pantura di wilayah Mabar sampai sekarang masih jauh dari penyelesaian, termasuk penggusurannya.

“Hotmix baru beberapa kilometer dari Labuan Bajo. Selebihnya belum, termasuk dalam wilayah Kecamatan Macang Pacar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Manggarai,” katanya.

Baca juga: 110 Paket Proyek di Manggarai Barat Tidak Dikerjakan

Desakan segera tuntasnya proyek jalan Pantura tersebut, demikian Kani, untuk mempercepat pemerataan pembangunan di kabupaten pariwisata dimaksud, khususnya di wilayah utara Mabar termasuk Macang Pacar.

“Dengan begitu akan percepat pertumbuhan ekonomi atau kemajuan masyarakat di kawasan utara Mabar,” katanya.

Menurutnya, manakala pembangunan jalur Pantura Mabar sudah rampung, mungkin saja dapat mempercepat pembangunan dermaga niaga atau pelabuhan peti kemas (kargo) di Lawuliang Bari, Macang Pacar yang sampai sekarang masih menggantung. Karena itu, Pempus dan Pemkab Mabar harus segera menuntaskan pembangunan jalan Pantura tersebut.

“Ini bersifat mendesak karena pengerjaan jalur tersebut sampai sekarang belum tuntas,” tutup Kani, mantan Ketua DPRD Kabupaten Manggarai itu.

Sebelumnya, harapan serupa disuarakan Antonius Blantara, mantan Kepala Desa Compang, Kecamatan Pacar, kepada media ini di Labuan Bajo. Kecamatan Pacar merupakan pemekaran dari Kecamatan Macang Pacar dan juga bagian dari kawasan utara Manggarai Barat.

Penulis: Andre Durung
Editor: Avent Saur