Home Ende Warga Roworena Barat Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Menuju Kezimara

Warga Roworena Barat Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Menuju Kezimara

Penulis: Willy Aran / Editor: Anton Harus

274
0
SHARE
Warga Roworena Barat Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Menuju Kezimara

Keterangan Gambar : Anggota DPRD Ende, Megy Sigasare (kedua dari kanan)  reses di kampung Aeisa, Roworena Barat, Rabu (24/6/2020).

Ende, Flores Pos — Kelurahan Roworena Barat di Kecamatan Ende Utara belum maksimal mendapatkan sentuhan pembangunan oleh pemerintah. Salah satu pembangunan fisik yang belum mendapatkan sentuhan maksimal dari pemerintah yaitu akses jalan masuk menuju kelurahan itu.

Akses jalan utama menuju ke kelurahan itu masih rabat dan sebagian badan jalan sudah rusak dan tidak ada satupun lampu jalan yang terpasang sepanjang jalan menuju Kelurahan Roworena Barat.

Pada hal di wilayah Kelurahan ini ada salah satu potensi pariwisata yang sudah mulai terkenal yaitu spot pariwisata paralayang di Kezimara yang sudah mulai mendunia. Selain itu di di kelurahan ini juga ada potensi pariwisata budaya, rumah adat di kampung Kolibari dan terkenal dengan tenun ikatnya.

Namun akses jalan utama menuju Kelurahan Roworena Barat masih sangat memprihatinkan sehingga kelurahan itu terasa seperti desa meskipun berada di pinggir kota Ende.

Sekretaris Kelurahan Roworena Barat, Irene Kristin Siga saat reses anggota DPRD Ende, Megi Sigasare, Rabu (24/6/2020) sore kepada wartawan mengatakan bahwa kelurahan ini dimekarkan dari Roworena pada tahun 2007 lalu. Sebagai salah kelurahan yang berada di Kota Ende, kondisi secara umum di kelurahan ini masih sangat memperihatinkan lebih khusus pada infrastruktur jalan.

Irene mengatakan, akses jalan masuk ke wilayah kelurahan ini dari jalan utama Ende-Nuabosi masih rabat. Sebagian badan jalan sudah rusak dan digenangi air saat hujan. Akses jalan masuk ke wilayah ini mesti ditingkatkan atau dihotmiks untuk mendukung potensi pariwisata di Kezimara yang sudah terkenal dengan spot pariwisata paralayang.

Pemerintah Kelurahan sangat mengharapkan agar kondisi infrastruktur jalan ini bisa dibenahi atau ditingkatkan agar potensi pariwisata ini bisa dijual kepada wisatawan.

"Akses jalan masuk ke kelurahan sampai wisata Kezimara itu kurang lebih 4 km dan kondisinya seperti yang teman-teman lihat sendiri. Roworena Barat memiliki Kezimara yang sudah terkenal dan ada juga pariwisata budaya sebagai pendukung pariwisata yaitu tenun ikat. Di sini ada 18 kelompok tenun ikat," katanya.

Irene menambahkan, untuk mendukung atau menunjang pariwisata di kelurahan ini maka warga sangat mengharapkan pemerintah memperbaiki infrastruktur jalan. Dengan kehadiran anggota DPRD Ende, Megy Sigasare dan langsung mendengarkan aspirasi dari masyarakat, maka diharapkan dapat mendorong pemerintah agar segera merealisasikan pembangunan jalan masuk menuju Kelurahan Roworena Barat.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Roworena Barat, Hendrikus A. Kira. Kata dia, masyarakat sudah jenuh menyampaikan aspirasi ini kepada pemerintah. Usulan ini juga sudah disampaikan oleh warga saat Musrenbang namun hingga saat ini belum direalisasikan oleh pemerintah.

"Pak mereka rasakan sendiri saat masuk dari SMAN 2 Ende. Kondisi jalan seperti itu dan kami sudah jenuh mengusulkan kepada pemerintah. Kami ini tinggal di kelurahan tetapi rasa seperti di desa," katanya.

Mesti Diperhatikan

Anggota DPRD Ende, Megy Sigasare yang melaksanakan reses di kampung Aeisa, RT 02, RW 05 Kelurahan Roworena Barat langsung mendengarkan keluhan dari warga. Megy menegaskan bahwa Roworena Barat adalah kelurahan yang mesti diperhatikan oleh pemerintah khususnya pada pembangunan infrastrukturnya.

Selain sebagai kelurahan, Roworena Barat memiliki banyak potensi pariwisata baik alam maupun budaya yang mesti didukung dengan infrastruktur jalan.

Megy mengatakan, sebagai wakil rakyat dirinya terus mendorong pemerintah memperhatikan akses masuk ke wilayah ini sehingga kelurahan ini tidak terkesan seperti desa. Infrastruktur jalan itu sangat diutamakan untuk mendukung potensi pariwisata di Kelurahan Roworena Barat. *