Home Manggarai 2 Swab Dokter Rumah Sakit Cancar Dikirim ke Kupang

2 Swab Dokter Rumah Sakit Cancar Dikirim ke Kupang

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Anton Harus

863
0
SHARE
2 Swab Dokter Rumah Sakit Cancar Dikirim ke Kupang

Keterangan Gambar : Jubir Satgas Penanganan Corona Manggarai, Lody Moa.


Ruteng, Flores Pos — Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai mengirim 26 sampel swab ke Kupang untuk diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD WZ Johannes Kupang.

Turut dikirim antara lain sampel swab dua dokter yang bekerja di Rumah Sakit Santo Rafael Cancar.

Kepada wartawan, Senin (1/6), Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai, Lody Moa, mengatakan bahwa pengiriman sampel swab dari Kabupaten Manggarai pada Sabtu (30/5/2020) ke RSUD WZ Johannes Kupang merupakan yang kedua dalam beberapa waktu belakangan ini.

Kali ini jumlahnya cukup banyak. Ada dua sample swab dari Rumah Sakit Cancar, yakni dua dokter yang bekerja di rumah sakit milik para suster SSpS tersebut. Swab dua dokter diperiksa sebagai persyaratan untuk bisa melakukan perjalanan ke Bali.

"Bukan karena apa-apa pada dua dokter itu. Swabnya harus diperiksa guna memastikan apakah ada covid-19 atau tidak. Hasil swab merupakan salah satu syarat agar bisa terbang ke Denpasar, Provinsi Bali," katanya.

Swab Dikirim Melalui Labuan Bajo

Dikatakannya juga bahwa selain sampel swab dua dokter tersebut, ada 24 sampel swab lain yang dikirim melalui Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Perinciannya, sampel swab yang pertama untuk pemeriksaan awal 18 orang. Swab-swab itu merupakan hasil pelacakan pada orang tanpa gejala (OTG) yang pernah berkontak langsung dengan klaster Gowa dan tiga OTG  klaster Magetan.

Menurutnya, bersamaan dengan itu, ada juga sampel swab untuk pemeriksaan kedua untuk dua OTG yang salah satunya terkonfirmasi positif covid-19.

Pengiriman kedua untuk memastikan keadaan dua orang itu, apakah masih ada covid-19 atau tidak. Untuk majikan dari klaster Gowa, dalam pemeriksaan pertama negatif, dan pemeriksaan kedua harus dilakukan guna memastikan apakah tetap negatif atau tidak.

"Lalu yang positif diperiksa lagi guna memastikan apakah masih ada virus atau tidak," tuturnya.

Dalam situasi seperti ini, lanjut Lody Moa, masyarakat Kabupaten Manggarai diminta agar tetap waspada dan tetap disiplin serta mematuhi protokol-protokol kesehatan dan imbauan-imbauan pemerintah demi mencegah paparan covid-19.

"Tentu semua berharap dan berdoa agar pandemi covid-19 cepat berlalu. Kehidupan dan aktivitas  masyarakat kembali normal, dan hasil pemeriksaan sampel swab yang dikirim hasilnya negatif," harapnya.

Imbauan Bupati Deno

Bupati Manggarai Deno Kamelus, dalam beberapa kesempatan mengatakan, yang praktis untuk masyarakat dan siapa pun harus mengikuti protokol kesehatan seperti pemakaian masker, menjaga jarak, tidak perlu kumpul-kumpul dalam jumlah banyak orang.

Masyarakat diimbau agar selalu mencuci tangan. Kalau mengalami sakit atau keluhan, harus segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk diperiksa sesuai dengan protap yang ada.

"Penanganan sejak dini itu bagus untuk orang itu sendiri dan orang lain," katanya.*