Home Sikka 69 Rumah Ibadah di Sikka Siap Jalankan New Normal, Bupati Sikka Berikan Bantuan Fasilitas

69 Rumah Ibadah di Sikka Siap Jalankan New Normal, Bupati Sikka Berikan Bantuan Fasilitas

Penulis: Wall Abulat / Editor: Avent Saur

893
0
SHARE
69 Rumah Ibadah di Sikka Siap Jalankan New Normal, Bupati Sikka Berikan Bantuan Fasilitas

Keterangan Gambar : Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo (kanan), menyerahkan secara simbolis bantuan perlengkapan ibadah kepada Uskup Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu bertempat di Lepo Bispu, Kamis (2/7/2020).


Maumere, Flores Pos — Bupati Kabupaten Sikka, Fransiskus Roberto (Roby) Diogo Idong, menyerahkan secara simbolis perlengkapan untuk pelaksanaan kenormalan baru (new normal) kepada 69 rumah ibadah dari pelbagai agama di Kabupaten Sikka. Sejumlah 69 rumah ibadah tersebut siap menjalankan new normal.

Perlengkapan untuk rumah ibadah Katolik se-Keuskupan Maumere diserahkan oleh Bupati Sikka kepada Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu di Lepo Bispu (Rumah Uskup) pada Kamis (2/7/2020).

Ada pun perlengkapan yang diserahkan saat ini, antara lain thermogun, face shield (pelindung muka), masker kain, sarung tangan, tempat cuci tangan, disinfektan, hand sanitizer, dan beberapa perlengkapan lainnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, Muhammad Daeng Bakir, dalam laporannya menjelaskan bahwa perlengkapan yang disiapkan diperuntukkan 69 rumah ibadah dari beberapa agama yakni 47 Gereja Katolik, 18 Masjid, 3 Gereja Kristen Protestan, dan 1 rumah ibadat Hindu dan Budha.

Sementara itu, Bupati Roby dalam sambutannya pada mengemukakan, bantuan fasilitas tersebut sebagai bentuk dukungan Pemkab Sikka dalam upaya memulai penerapan new normal di rumah-rumah ibadah di Kabupaten Sikka, terutama untuk penerapan kenormalan baru di gereja yang mulai dilaksanakan pada 5 Juli 2020.

“Bantuan perlengkapan yang kami serahkan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam upaya memulai penerapan new normal di rumah-rumah ibadat,” kata Bupati Roby.

Bupati Roby menambahkan bahwa peralatan cuci tangan merupakan produksi PT Langit Laut Biru atau Karya Misi Center milik Keuskupan Maumere.

“Alat cuci tangan ini merupakan produk karya PT Langit Laut Biru, karya-karya anak-anak kita. Ini juga bentuk komitmen dalam menyukseskan ‘Bela Sikka, Beli Sikka’. Kita dukung produk-produk lokal dan membeli produk-produk lokal,” katanya.

Apa Kata Uskup Maumere?

Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sikka yang telah memberikan bantuan peralatan di rumah ibadah untuk kemudahan pelaksanaan protokol kesehatan selama kegiatan peribadatan pada masa new normal yang mulai dilaksanakan pada Minggu, 5 Juli mendatang.

“Saya sampaikan terima kasih atas bantuan peralatan ini. Bantuan ini sangat penting bagi kami pada saat menerapkan kenormalan baru di paroki-paroki,” kata Uskup Edwaldus.

Pantauan media ini, usai menyerahkan bantuan, Uskup Edwaldus didampingi Bupati Roby, Wabup Romanus, dan Danlanal Maumere Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto langsung menuju tempat cuci tangan yang bantuan pemerintah untuk mencuci tangan.*