Home Manggarai Bukti Komitmen Pemkab, Bekas Jalan Provinsi Tetap Dikerjakan Tahun Ini

Bukti Komitmen Pemkab, Bekas Jalan Provinsi Tetap Dikerjakan Tahun Ini

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Elton Wada

547
0
SHARE
Bukti Komitmen Pemkab, Bekas Jalan Provinsi Tetap Dikerjakan Tahun Ini

Keterangan Gambar : Kondisi bekas jalan provinsi di Manggarai yang rusak parah dan tahun ini mulai ditangani Pemkab.


Ruteng, Flores Pos — Pasca menjadi aset kabupaten, bekas jalan provinsi di Manggarai, yakni jalur Ruteng-Golo Lusang-Golo Cala di Kecamatan Satar Mese, diurus sepenuhnya oleh Pemkab Manggarai. Bukti komitmen itu adalah tahun ini penanganan dilakukan besar-besaran dengan alokasi anggaran mencapai Rp7 miliar lebih.

Kepada wartawan di Ruteng, Jumat (28/8), Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Manggarai, Kristo Darmanto mengatakan, sesuai dengan data yang ada, bekas jalan provinsi mulai diurus oleh Pemkab Manggarai tahun lalu. Tahun ini, pengurusan jalan vital dari Kota Ruteng menuju wilayah selatan Manggarai itu dilanjutkan dengan alokasi  sebesar Rp7 miliar lebih.

"Ada rasionalisasi anggaran akibat pandemi corona. Paket anggaran untuk bekas jalan provinsi sempat terkena rasionalisasi. Namun dalam perjalanan, anggarannya tetap besar dengan nilai sebesar Rp7 miliar,"katanya.

Ia pu mengatakan baha paket pengerjaan jalan itu juga sudah ditender. Namun penetapan pemenang tendernya belum diketahui karena paket proyek itu masuk dalam enam paket yang sedang dalam masa sanggahan. Harapannya, prosesnya jalan cepat sehingga pemenangnya bisa diketahui untuk mengerjakannya.

Baca juga: Terkena Dampak Covid-19, Proyek Konstruksi Baru Selesai Dilelang

Menurutnya, pengerjaan jalan dilakukan dalam dua arah, yakni arah Ruteng menuju Golo Lusang dan dari arah Golo Cala menuju Golo Lusang. Sistem ini diterapkan agar penanganan lebih cepat mengingat kondisi jalan yang rusak parah akibat lama sekali tidak ditangani dengan baik. Kalau pengerjaan bisa dilakukan sesuai dengan rencana, maka bekas jalan provinsi menjadi lebih baik sehingga tidak menyulitkan masyarakat pengguna jalan itu seperti terjadi selama ini.

Sebelumnya Bupati Deno Kamelus mengatakan, bekas jalan provinsi Ruteng-Golo Lusang-Golo Cala sudah menjadi tanggung jawab Pemkab pasca asetnya diserahkan dari Pemprov tahun lalu. Karena itu, mulai tahun lalu penanganannya sudah dimulai dan tahun ini juga dilanjutkan penanganannya. Dalam anggaran induk 2020, ada item anggaran untuk jalur jalan itu. Hal itu merupakan bukti komitmen Pemkab untuk mengurus jalan yang dulunya berstatus jalan provinsi.

"Tahun ini, penanganan jalan itu tetap dilakukan. Kita alokasikan anggaran sesuai dengan kemampuan keuangan yang ada. Walau pandemi, penanganan jalan itu tetap dilakukan,"katanya.

Bupati Deno mengatakan, dari awal Pemkab berkomitmen untuk menangani bekas jalan provinsi itu secara maksimal. Karena itu, alokasi anggaran tetap dan terus dilakukan untuk menangani jalan itu sehingga layak digunakan masyarakat setiap hari. Harapannya, dengan adanya penanganan yang dilakukan nanti keadaannya bisa lebih baik dan lalu lintas kendaraan tidak lagi mengalami gangguan atau bahkan hambatan seperti terjadi selama ini.