Home Ngada Calon Staf Manajemen Kopdit Sangosay Mengikuti Tes Serentak di Semua Cabang

Calon Staf Manajemen Kopdit Sangosay Mengikuti Tes Serentak di Semua Cabang

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Elton Wada

1,509
0
SHARE
Calon Staf Manajemen Kopdit Sangosay Mengikuti Tes Serentak di Semua Cabang

Keterangan Gambar : Sebagian Calon Staf Manajemen Kopdit Sangosay Bajawa sedang mengikuti tes di SMA Regina Pacis Bajawa


Bajawa, Flores Pos — Sejumlah 641 peserta test Calon Staf Manajemen Koperasi Kredit (Kopdit) Sangosay Bajawa menggelar tes online dan offline yang dilaksanakan secara serentak di 10 kantor cabang yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Ketua panitia penerimaan Staf Manajemen Kopdit Sangosay Bajawa yang baru, Petrus E. Y. Ngilo Rato didampingi Sekretaris Panitia Emanuel Hendrianto Ndiwa, Jumat (4/9/2020) menjelaskan bahwa total Calon Staf Manajemen Kopdit Sangosay 2020 yang mendaftar sejumlah 1.527 orang dan pendaftarannya terjadi di masing-masing kantor cabang Kopdit Sangosay.

Dari jumlah yang mendaftar tersebut yang lulus administrasi 641 orang. Mereka yang tidak lulus sendiri adalah para calon yang memasukkan lamaran dengan jurusan yang tidak dibutuhkan seperti ada yang tamatan STKIP maupun Sekolah Kesehatan yang dalam pengumuman persyaratan penerimaan calon sudah sampaikan.

Mereka yang lolos administrasi mengikuti ujian online dan tertulis. Materi ujian online berkaitan dengan pengetahuan umum dan pengetahuan koperasi. Ujian tersebut, termasuk ujian tertulis khusus psikotes, dilangsungkan dengan server terpusat di SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa dalam pengawasan panitia juga staff managemen di masing-masing kantor cabang.

641 calon staf manajemen Kopdit Sangosay yang lulus ujian online dan tertulis tersebut selanjutnya akan mengikuti tahapan wawancara. Setelah lulus ujian wawancara, para calon akan mengikuti tahapan terakhir yaitu on the job training (OJT) atau magang. Untuk di wilayah kantor pusat atau Cabang Utama dan Cabang Bajawa ujian tahap ini akan dilaksanakan di SMA Swasta Katolik Reguna Pacis Bajawa Jalan Yos Soerdaso Kota Bajawa.

Baca juga: Pilkada Ngada: Pasukan Berkuda Mengiringi Pendaftaran Paket Firman

Pelaksanaan ujian online yang servernya di SMA Regina Pacis Bajawa tersebut diikuti oleh 114 orang. Para peserta itu dibagi dalam tujuh ruangan kelas dengan menerapkan protokol kesehatan terkait covid-19.

Ia pun mengatakan bahwa seharusnya ada 127 peserta yang mengikuti ujian di Cabang Utama. Namun yang hadir hanya 114 orang. Mereka yang berasal dari wilayah-wilayah di Kabupaten Ngada sendiri mengikuti ujian di Cabang Utama dan Cabang Bajawa.

Untuk peserta lain yang mengikuti tes di luar Kabupaten Ngada antara lain; Nagekeo 88 orang (Cabang Mbay dan Aeramo); Cabang Ruteng 109 orang (Cabang Ruteng dan Pembantu Ruteng); Borong 50 orang (Cabang dan Capem Borong); Ende 49 orang; Maumere 19 orang; Cabang Labuan Bajo dan Capem Lembor 21 orang; Kupang 99 orang; Waingapu 11 orang; dan Tambolaka 28 orang.

Sekretaris Panitia, Herdin Ndiwa menyebutkan bahwa tidak ada istilah 'titipan' dalam prosss ujian ini. Peserta, katanya, menolong dirinya sendiri sehingga siapa yang mampu dan berkualitas itu yang dipilih, tentunya berdasarkan hasil ujian.

"Kopdit kita adalah kopdit orang kecil dan belum tentu yang dari desa tidak mampu berkompetisi dengan yang di kota. Siapapun yang mampu pasti dipilih," kata Herdin Ndiwa yang juga Kepala SMA Regina Pacis Bajawa ini.

Ia pun mengatakan bahwa sejumlah alumni dari universitas ternama seperti UGM, Pajajaran, Undana, dan Unika Kupang juga mengikuti tes masuk calon karyawan Kopdit Sangosay tersebut.