Home Lembata Dua PSK Mengaku Selalu Gunakan Kondom Saat Berhubungan Seks

Dua PSK Mengaku Selalu Gunakan Kondom Saat Berhubungan Seks

Seminar tentang HIV dan AIDS di Lembata

1,925
0
SHARE
Dua PSK Mengaku Selalu Gunakan Kondom Saat Berhubungan Seks

Keterangan Gambar : Seminar tentang HIV dan AIDS di Ruang Rapat Kantor Bupati Lembata, Senin (2/12/2019). Seminar ini dibuka oleh Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday.

Lewoleba, Flores Pos — Dua pekerja seks asal Jawa dan Kupang dalam seminar tentang HIV dan AIDS di Ruang Rapat Setda Lembata, Senin (2/12/2019) mengatakan, mereka bekerja di pub sebagai pekerja seks untuk mencari uang, bukan mencari penyakit.

Karena itu, ketika melakukan hubungan seks, mereka selalu menggunakan kondom. Keduanya selama ini bekerja di Pub Sabar Menanti dan Pub Jambu Lima.

Pekerja seks asal Kupang yang bekerja di Pub Sabar Menanti di hadapan para peserta seminar mengatakan, dirinya bekerja di pub sebagai pekerja seks semata-mata untuk mencari uang, bukan untuk mencari kenikmatan apalagi mencari penyakit.

Karena itu, setiap kali melayani pelanggan, ia selalu menggunakan kondom. Namun, tidak jarang ada pelanggan yang menolak menggunakan kondom.

Pekerja seks asal Jawa yang bekerja di Pub Jambu Lima menambahkan, sudah tiga bulan ia berada di Lewoleba. Ia bekerja semata-mata untuk mencari uang.

Ia mengaku bahwa ia tidak mau melayani pelanggan yang tidak mau menggunakan kondom karena takut terkena penyakit. Namun, ada pelanggan yang memaksa melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Lebih jauh, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, Lucia Sandra Gunadi Anggrijatno, yang menjadi narasumber dalam seminar tersebut mengatakan, untuk mencegah terjadinya penularan HIV dan AIDS dari ibu ke bayi sejak dalam kandungan, saat persalinan dan masa nifas, maka ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan HIV, sipilis, dan hepatitis B pada awal kehamilan.

Selain itu, melakukan mobile VCT pada ibu hamil, pekerja pub, penghuni lapas dan masyarakat umum.

Lucia mengangkat contoh dengan mengatakan, Thailand merupakan negara yang paling tinggi angka penderita HIV dan AIDS, namun selama beberapa tahun terakhir Thailand berhasil menekan angka penderita HIV dan AIDS melalui penggunaan kondom.

Untuk itu, ia meminta para pekerja seks menggunakan kondom saat melayani pelanggan untuk mengurangi risiko penularan HIV dan AIDS.

Penulis: Maxi Gantung
Editor: Arkian Biaf