Home Ende Inspektorat Kabupaten Ende Akan Memverifikasi Data Guru Tidak Tetap

Inspektorat Kabupaten Ende Akan Memverifikasi Data Guru Tidak Tetap

1,572
0
SHARE
Inspektorat Kabupaten Ende Akan Memverifikasi Data Guru Tidak Tetap

Keterangan Gambar : Asisten I Setda Ende dan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ende, Kornelis Wara.

Ende, Flores Pos — Inspektorat Ende akan memverifikasi data Guru Tidak Tetap (GTT) yang sudah ditetapkan sebelumnya untuk kepentingan validasi data karena data sebelumnya masih bermasalah. Jika sudah selesai diverifikasi oleh Inspektorat, maka pemerintah akan merealisasikan pembayaran untuk tahun 2019. Datanya diberikan oleh dinas teknis berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah.

Demikian dikatakan Asisten I Setda Ende, Kornelis Wara, kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (29/11/2019).

Baca juga: Tidak Terdaftar sebagai Penerima Dana Bosda, Sejumlah Guru Tidak Tetap Memprotes di DPRD Ende

Kornelis mengaku bahwa pihaknya sudah menyurati Inspektorat untuk membantu melakukan verifikasi dengan tujuan menghasilkan data yang valid. Verifikasi dilakukan untuk meminimalisasi kecurangan dan kesalahan data GTT.

“Sebagian data GTT tahun 2018 akan diakomodasi lagi sepanjang memenuhi syarat karena data itu diperoleh dari sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, data itu mesti diverifikasi lagi, karena data sebelumnya yang telah ditetapkan melalui keputusan bupati ditemukan guru Agama dan Penjas tidak diakomodasi.

“Ada juga yang sudah mengundurkan diri dan lulus CPNS, bahkan ada yang ditetapkan tetapi tidak lagi mengajar," katanya.

Asisten I Setda Ende yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ende, Kornelis Wara, menambahkan, verifikasi ini akan dilakukan secepatnya supaya bisa dilakukan pembayaran.

"Jika Desember ini proses verifikasi sudah selesai dilakukan oleh Inspektorat, maka akan langsung dibayar untuk tahun 2019. Kita meminta bantuan dari Inspektorat untuk melakukan verifikasi sesuai dengan data yang kita support," katanya.

Perihal pembayaran dari GTT dan data dari GTT, sejumlah guru tidak tetap yang mengabdi di beberapa lembaga pendidikan pernah mendatangi lembaga DPRD Ende.

Kedatangan para guru yang masuk dalam kategori GTT di daerah untuk mempertanyakan nasib mereka. Para guru yang tergabung dalam GTT belum dibayar oleh pemerintah daerah sepanjang tahun 2019.

Sebelumnya Anggota Komisi III DPRD Ende, Mahmud Djega, mengatakan bahwa pemerintah mesti memperhatikan nasib guru yang masuk dalam kategori GTT daerah.

Baca juga: DPRD Ende Akan Bentuk Pansus Guru Tidak Tetap

Menurutnya, jika masih ada kesalahan data maka pemerintah mesti melakukan pendataan kembali serta verifikasi data agar segera merealisasikan pembayaran di tahun 2019.

Penulis: Willy Aran
Editor: Anton Harus