Home Sikka Keuskupan Maumere Serahkan Sembako, Susu, dan Vitamin untuk Komunitas Muslim Terdampak Covid-19

Keuskupan Maumere Serahkan Sembako, Susu, dan Vitamin untuk Komunitas Muslim Terdampak Covid-19

Penulis: Wall Abulat / Editor: Avent Saur

849
0
SHARE
Keuskupan Maumere Serahkan Sembako, Susu, dan Vitamin untuk Komunitas Muslim Terdampak Covid-19

Keterangan Gambar : Sekretaris Uskup Maumere, Romo Ephy Rimo (kanan) didampingi Perwakilan Caritas Keuskupan Maumere Margaretha Helena (tengah) dan Pater Klaus Nauman SVD menyampaikan beberapa intervensi bantuan yang diberikan Keuskupan Maumere kepada warga terdampak covid-19 di Lepo Bispu Maumere pada Kamis (2/7/2020).


Maumere, Flores Pos — Keuskupan Maumere melalui Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) dan Caritas Keuskupan Maumere telah menyalurkan aneka bantuan kepada warga terdampak covid-19 di Kabupaten Sikka, termasuk 4 komunitas muslim yang ada di wilayah itu.

Bantuan yang diberikan berupa alat pelindung diri (APD), sembako, susu, vitamin, dan aneka jenis bantuan lain.

Demikian disampaikan Sekretaris Uskup Maumere Romo Ephy Rimo didampingi Perwakilan Caritas Keuskupan Pater Klaus Nauman SVD dan Margaretha Helena kepada wartawan di Lepo Bispu (Rumah Uskup) Maumere pada Kamis (2/7/2020).

Romo Ephy Rimo menjelaskan, pemberian bantuan tersebut hanya terfokus pada keluarga-keluarga yang terdampak covid-19 dan yang tidak mendapatkan salah satu dari beberapa item bantuan yang diintervensi pemerintah seperti BLT tingkat Kabupaten Sikka dan BLT Provinsi, dan bantuan sosial tunai (BST) dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Margaretha Helena kepada wartawan menyebut beberapa jenis bantuan yang diberikan berupa alat pelindung diri (APD) untuk RSUD Maumere, Rumah Sakit Santo Gabriel Kewapante, Rumah Sakit Santa Elisabeth Lela, dan APD untuk beberapa klinik di antaranya Klinik Nita, Klinik Watubala, dan bantuan sembako, susu, dan vitamin.

“Pihak Keuskupan Maumere melalui Caritas juga memberikan bantuan kepada warga terdampak covid-19 yang tersebar di puluhan paroki di Keuskupan Maumere, dan bantuan kepada 4 komunitas umat Muslim yang terkena dampak covid-19 di antaranya Komunitas Muslim Beru di Kecamatan Alok Timur, Komunitas Muslim Waipare di Kecamatan Kangae dan Komunitas Muslim Wuring di Kecamatan Alok Barat,” kata Margaretha Helena.

Uskup Turun ke Lapangan

Media ini mencatat, selain bantuan di atas, Uskup Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu beberapa kali turun ke lapangan menyerahkan aneka bantuan untuk memenuhi kebutuhan bagi para ekspenumpang Kapal Motor Lambelu yang menjalani karantina terpusat di Sikka Covention Centre (SCC) dan Rumah Jabata Bupati Sikka.

Penyerahan bantuan berlangsung di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sikka yang diterima Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Dokter Clara Yosefine Francis, Rabu (8/4/2020).

Ada pun bantuan yang diserahkan Uskup Edwaldus di antaranya 20 karung beras yang masing-masing berisi 20 kilogram, sabun mandi, sabun cuci, odol, telur, alat cukur, barang-barang kebutuan bagi wanita, dan aneka jenis bantuan lainnya.

Pemda Sikka Berterima Kasih

Bupati Kabupaten Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, menyampaikan terima kasih kepada Keuskupan Maumere dan semua pihak yang telah membantu para warga yang terkena dampak covid-19 dan para pelaku perjalanan melalui aneka bantuan yang diberikan.

“Saya sampaikan terima kasih atas kerja sama semua pihak, termasuk pihak Gereja Keuskupan Maumere yang telah membantu warga terdampak covid-19 dan bantuan APD serta aneka bantuan lain,” kata Bupati Fransiskus Roberto Diogo.*