Home Sikka Lagi, 4 Pasien Covid-19 Sikka Dinyatakan Sembuh

Lagi, 4 Pasien Covid-19 Sikka Dinyatakan Sembuh

Penulis: Wall Abulat / Editor: Avent Saur

800
0
SHARE
Lagi, 4 Pasien Covid-19 Sikka Dinyatakan Sembuh

Keterangan Gambar : Ilustrasi merawat pasien covid-19 karya Roby Watowai.


Maumere, Flores Pos — Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus menyampaikan kabar gembira bahwa 4 dari 10 pasien covid-19 yang sedang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Maumere saat ini dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan sampel swab di RSUD WZ Johannes Kupang dalam dua hari terakhir di mana hasilnya dinyatakan negatif.

“Seturut hasil pemeriksaan, ada 4 pasien covid-19 yang secara berturut-turut dua kali pemeriksaan sampel swab dinyatakan negatif. Karena itu, empat orang ini dinyatakan sembuh,” kata Herlemus kepada wartawan di Posko Media Center Covid-19 Sikka, Jalan El Tari Maumere, Selasa (30/6/2020) petang dan dipertegas lagi saat dihubungi media ini, Selasa malam.

Baca juga: Satgas Covid-19 Wajibkan 30 Dokter dan 957 Nakes di Sikka Ikuti Rapid Test

Dengan penambahan 4 pasien yang sembuh ini, lanjut Petrus, maka hingga Selasa (30/6/2020), ada 21 dari total 27 pasien covid asal Kabupaten Sikka yang dinyatakan sembuh.

“Dengan demikian, pasien covid-19 yang masih dirawat tinggal 6 orang. Dan enam pasien positif ini dalam kondisi sangat stabil, berat badan meningkat. Kita optimisti bahwa mereka akan sembuh dalam waktu dekat,” kata Herlemus.

Petrus Herlemus menambahkan bahwa empat pasien yang dinyatakan sembuh ini akan dipulangkan ke kampung halaman mereka pada Rabu (1//7/2020).

4 PMI, 2 ODP, dan 1 PP Dinyatakan Negatif

Petrus Herlemus pada kesempatan ini juga menambahkan bahwa selain berita gembira 4 pasien dinyatakan sembuh, Kabupaten Sikka juga bersyukur karena 4 PMI, 2 orang dalam pemantauan (ODP), dan seorang pelaku perjalanan yang juga sampel swabnya dikirim ke Laboratorium Biomolekuler RSUD WZ Johannes Kupang akhir pekan lalu, hasil pemeriksaan swab menunjukkan bahwa tujuh orang itu juga dinyatakan negatif.

“Dengan demikian, 4 PMI yang dalam sepekan terakhir menjalani karantina terpusat akan melanjutkan perjalan ke rumah masing-masing. Demikian juga 2 ODP dan 1 PP yang menjalani karantina di rumah masing-masing dinyatakan negatif covid-19,” kata Herlemus.

34 Sampel Swab

Untuk diketahui, Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka mengirim 34 sampel swab dari 17 warga Kabupaten Sikka ke RSUD WZ Johannes Kupang pada Jumat (26/6/2020).

Upaya pengiriman sampel swab ke Kupang dilakukan karena hingga saat ini upaya pemeriksaan swab di RSUD Maumere belum bisa dilakukan karena masih ada perbaikan instalasi pengolahan air limbah dan masih menunggu pengadaan satu dua fasilitas pendukung.

Jubir Satgas Covid-19 Sikka, Petrus Herlemus. yang dihubungi media ini, Jumat, menjelaskan perincian 34 sampel swab yang dikirim ke RSUD WZ Johannes Kupang itu masing-masing 20 sampel dari 10 pasien positif covid-19 yang masih dirawat di Ruang Isolasi saat ini, di mana setiap pasien mengirim dua spesimen swab, dan 14 sampel dari 7 orang yang diambil sampel swabnya dalam dua hari terakhir yang juga setiap orang masing-masing dikirim 2 spesimen swab.*