Home Flores Timur Pasien 03 Flotim Berkontak Erat dengan 3 Rekan Pekerja Dermaga Larantuka

Pasien 03 Flotim Berkontak Erat dengan 3 Rekan Pekerja Dermaga Larantuka

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Avent Saur

1,078
0
SHARE
Pasien 03 Flotim Berkontak Erat dengan 3 Rekan Pekerja Dermaga Larantuka

Keterangan Gambar : Ilustrasi covid-19 karya Roby Watowai.


Larantuka, Flores Pos — Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Flores Timur (Flotim), Heronimus Lamawuran, mengatakan JK, pasien 03 Flotim yang terkonfirmasi positif covid-19 merupakan pelaku perjalanan yang datang dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, ke Larantuka bersama 6 rekan pekerja lainnya.

Berdasarkan hasil tracing, selama ini JK berkontak erat dengan 3 rekan pekerja lainnya.

“JK bersama 6 rekan pekerja lainnya tiba di Larantuka pada 10 Juni 2020 melalui jalan darat dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.”

Baca juga: Flotim Kembali Zona Merah, Seorang Pekerja Proyek Dermaga Larantuka Positif Covid-19

“JK berkontak erat dengan 3 rekan pekerja lainnya. Mereka satu kamar di Mess areal Pelabuhan Larantuka,” kata Kabag Humas, Lamawuran, kepada wartawan, Jumat (3/7/2020) siang.

Heri Lamawuran mengatakan, JK sudah dijemput dan menjalani perawatan lebih lanjut di Ruang Isolasi RSUD Larantuka. Sedangkan beberapa rekan pekerja lainnya sudah dalam proses penanganan sesuai protokoler kesehatan  oleh Tim Satgas Covid-19 Flotim.

Suasana Dermaga Larantuka

Dikabarkan sebelumnya, seorang pekerja proyek pembangunan Dermaga Larantuka yang berlokasi di pusat Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab dari Laboratorium Biologi Molekuler RSUD WZ Johannes Kupang.

Pantauan Flores Pos, Jumat (3/7/2020) pagi, areal proyek pembangunan Dermaga Larantuka tampak sepi aktivitas pekerja. Tidak satu pun pekerja berada di lokasi proyek.

Baca juga: Perjalanan Pasien 03 Flotim: KM Feri Makassar Menuju Labuan Bajo, Naik Travel Menuju Larantuka

Selain itu, tidak ada petugas dari Satgas Covid-19 Flotim di lokasi proyek di Dermaga Larantuka yang setidaknya melakukan penyemprotan disinfektan atau melakukan tindakan pencegahan sesuai protokoler kesehatan.

Sementara aktivitas dan keramaian warga yang hendak melakukan perjalanan antarpulau menggunakan kapal penyebrangan rakyat di Pelabuhan Larantuka juga berjalan normal.

Ada di antaranya pengguna jasa penyeberangan rakyat dan pekerja pelabuhan lainnya keluar dan masuk pintu atau berada di areal Pelabuhan Larantuka tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.*